Breaking News:

Berita Surabaya

Kapolrestabes Surabaya Imbau Anggota Kedepankan Pendekatan Humanis saat Patroli Prokes dan Kamtibmas

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengimbau anggotanya untuk mengedepankan pendekatan humanis selama bertugas mencegah gangguan k

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/LUHUR PAMBUDI
Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan yang berpakaian sipil itu, saat memimpin langsung koordinasi pelaksanaan patroli keamanan bersama Tim gabungan Respon Cepat Tindak (Respatti) dan Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya, di depan Gedung Negara Grahadi, Minggu (19/9/2021) dini hari. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengimbau anggotanya untuk mengedepankan pendekatan humanis selama bertugas mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Sikap dan perilaku humanis itu, diharapkan dapat diimplementasi pula oleh petugas saat melakukan penegakan hukum.

Khusus untuk melakukan pencegahan kejahatan dan gangguan keamanan, Yusep, mengajak anggotanya untuk lebih menekankan langkah preemtif dan preventif.

Hanya dengan pendekatan semacam itu, potensi gangguan kejahatan dapat ditekan secara maksimal dan menghindari adanya resistensi.

"Sesuai pesan Bapak Kapolri kita tetap humanis dalam melakukan pencegahan gangguan keamanan. Ini bukan berarti kita kendor dalam melaksanakan kegiatan, sebaliknya harus tetap siap," ujar Mantan Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim itu, Minggu (19/9/2021) dini hari.

Selain melakukan patroli untuk kamtibmas, lanjut Yusep, pihaknya jugao akan terus melaksanakan patroli untuk menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Mengingat, Surabaya sudah masuk zona kuning level 1 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan sejumlah sekmentasi kegiatan ekonomi masyarakat mulai kembali bergeliat.

"Disiplin akan mampu meningkatkan sosial ekonomi masyarakat semakin baik. Mari kita jaga bersama, kami mohon dukungan masyarakat," pungkasnya saat mengecek anggota Samapta Polrestabes Surabaya yang sedang patroli di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD).

Tugasnya, melakukan pengawasan kedisiplinan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) pada masyarakat Jatim selama PPKM Level 1.

Sasarannya adalah tempat-tempat yang berpotensi terjadi keramaian, seperti tempat wisata, tempat lalu lintas perhubungan antar wilayah, termasuk pusat perbelanjaan (mall).

Satgas tersebut tidak hanya berisi anggota kepolisian semata, namun juga terdapat anggota dari TNI untuk membantu menegakkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalan prokes.

Manakala didapati pelanggaran aturan kedisiplinan prokes, maka petugas akan memberikan sanksi berupa teguran dan denda seusai dengan peraturan yang diterapkan masing-masing daerah.

“Sifatnya bisa sampai dengan teguran lisan, maupun nanti denda sesuai dengan aturan di daerah masing-masing,” ujar mantan Kapolsek Metro Ciputat itu, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (17/9/2021).

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved