Breaking News:

Berita Trenggalek

Dapat Bantuan dari Dispenta KP Jatim, Pemkab Trenggalek Luncurkan Bengkel Keliling Alsintan

Dapat bantuan dari Dinas Pertaninan dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Pemkab Trenggalek meluncurkan bengkel keliling alsintan.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin bersama Kepala Disparta KP Jatim, Hadi Sulistyo saat meluncurkan bengkel keliling alsintan, Senin (20/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek meluncurkan bengkel keliling alat dan mesin pertanian (alsintan), Senin (20/9/2021).

Bengkel keliling ringkas dalam bentuk kendaraan roda tiga itu merupakan bantuan dari Dinas Pertaninan dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dispenta KP Jatim, Hadi Sulistyo menjelaskan, bengkel keliling khusus alsintan baru ada di dua kabupaten. Yakni Trenggalek dan Bojonegoro.

"Bantuan ini sebenarnya inovasi dari kami yang tujuannya untuk mengurus alsintan milik gapotan (gabungan kelompok tani) yang selama ini rusak sehingga tidak terurus," kata Hadi, usai peluncuran.

Hadi menyebut, selama ini banyak bantuan alsintan yang tak termanfaatkan karena rusak. Sementara untuk memperbaikinya, tak banyak bengkel milik warga yang bisa menangani.

Dengan bengkel keliling itu, pihaknya berharap alsintan yang selama ini mangkrak bisa kembali diperbaiki dan dimanfaatkan. Sehingga pekerjaan petani akan lebih dimudahkan.

"Karena pertanian ke depan tidak bisa lepas dari mekanisasi. Mekanisasi penting untuk perkembangan pertanian ke depan," sambungnya.

Hadi mencontohkan, para petani padi akan lebih diuntungkan ketika memanen hasil tanamnya dengan mesin panen padi ketimbang memanen secara manual.

"Kalau pakai mesin, loss-nya bisa di bawah 1 persen. Kalau manual, bisa sampai 10 persen. Banyangkan lahan 1 hektare kalau hilang 10 persen," tutur Hadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved