Breaking News:

Berita Kabupaten Malang

Menggapai Realisasi Bantuan Dana Rp 1,5 Miliar per Desa di Kabupaten Malang

Pemkab Malang menyiapkan skema-skema untuk mewujudkan realisasi pengucuran dana Rp 1,5 miliar bagi 378 desa di wilayahnya.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Erwin Wicaksono
Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemkab Malang menyiapkan skema-skema untuk mewujudkan realisasi pengucuran dana Rp 1,5 miliar bagi 378 desa di wilayahnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Tomie Herawanto menerangkan, mekanisme penyaluran melalui alokasi dana desa (ADD), yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Untuk mencapai realisasi tersebut, Tomie mengkiaskan pihaknya membutuhkan waktu untuk melakukan pembahasan mengenai wacana tersebut.

"Untuk saat ini, kami tengah meninjau kemampuan keuangan kita dan akumulasi kebutuhan desa," beber Tomie ketika dikonfirmasi, Minggu (19/9/2021).

Tomie tak memungkiri bila wacana pengucuran dana ekstra itu memiliki nominal yang tidak sedikit. Alhasil butuh ketelitian dalam perhitungan.

Pasalnya, Bappeda juga dituntut efisien dan cermat dalam merencanakan sesuatu.

Perhitungan yang tepat juga dibutuhkan untuk memastikan dana bantuan yang dikucurkan akan bernilai Rp 1,5 miliar atau tidak. Dikarenakan akan disesuaikan akumulasi kebutuhan setiap desa.

"Kami masih perhitungkan, karena jumlahnya tinggi. Bisa saja nanti Rp 1,5 miliar atau Rp 1 miliar. Kami belum bisa pastikan. Memastikan perkiraan di desa, termasuk pembangunan fisik atau yang lain. Jadi masih harus melihat akumulasi kebutuhan per desa," papar Tomie.

Baca juga: Dana PEN Sektor Perbaikan Infrastruktur Jalan di Kabupaten Malang Mencapai Ratusan Miliar Rupiah

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved