Breaking News:

Berita Kabupaten Malang

Musim Hujan, Jalan di Kabupaten Malang Rawan Rusak, Pemkab Akui Kualitas Material Jalan Tak Bagus

Musim hujan, jalan di Kabupaten Malang rawan terjadi kerusakan, pemkab akui kualitas material jalan tak bagus: Anggarannya cukup-cukupan.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Erwin Wicaksono
Jalan menuju area Pantai Malang Selatan rusak. Kerusakan jalan terlihat sejak memasuki Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Selasa (5/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang tidak menampik jika kualitas material jalan di wilayahnya tidak bagus, sehingga rawan mengalami kerusakan saat musim hujan tiba.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni memprediksi, kerusakan jalan akibat hujan akan timbul pada bulan Oktober 2021 hingga musim hujan berakhir.

"Banyak lubang baru ketika musim penghujan. Oktober nanti sudah mulai kelihatan. Karena memang Kondisi jalanan kita kan belum standar. Kedua, kondisi yang semestinya sudah direhabilitasi kami juga belum mampu merehabnya," terang Romdhoni ketika dikonfirmasi, Minggu (19/9/2021).

Romdhoni tak memungkiri anggaran yang dimiliki untuk perbaikan jalan dengan kualitas bagus tak sepadan.

"Daya dukung jalan nasional itu jauh lebih tinggi dari jalan kabupaten. Sedangkan kami anggarannya cukup-cukupan," ujarnya.

Selain itu, muatan-muatan kendaraan berat memicu rusaknya jalan di Kabupaten Malang.

"Mestinya jalan yang rusak itu minimal direhabilitasi dilapis ulang. Kalau dicek dengan kerusakan akibat dilalui kendaraan berat itu juga menimbulkan biaya," papar Romdhoni.

Baca juga: Percepat Respon Time Kebakaran, UPT Damkar Kota Malang Berencana Tambah Dua Pos Damkar Baru

Kendati hanya mengantongi dana pas-pasan, Romdhoni mengkiaskan pihaknya harus memutar otak agar tetap efisien dalam menggunakan dana yang ada.

"Kita cukup-cukupkan bagaimana wilayah kita (Kabupaten Malang) yang luas ini," tutur Romdhoni.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved