Breaking News:

Berita Kota Blitar

Survei Penyelamatan Struktur Bata Kuno di Persawahan Kota Blitar untuk Cari Bentuk & Fungsi Bangunan

Survei penyelamatan struktur bata kuno yang dilakukan BPCB Jatim di persawahan Kota Blitar untuk mencari bentuk dan fungsi bangunan.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Tim BPCB Jatim mengidentifikasi temuan struktur bata dan jambangan dari batu di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Rabu (5/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) ingin mencari potensi bangunan cagar budaya dalam survei penyelamatan struktur bata kuno di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Pencarian potensi bangunan ini untuk menentukan apakah perlu dilakukan ekskavasi penyelamatan terhadap temuan struktur bata kuno di lokasi.

"Sebelum melangkah ke ekskavasi, kami lakukan survei dulu. Apakah temuan struktur bata kuno berpotensi untuk dilakukan ekskavasi penyelamatan," kata Arkeolog BPCB Jatim, Nonuk Kristiana, Senin (20/9/2021).

Nonuk mengatakan, dalam survei penyelamatan, Tim BPCB Jatim akan menggali beberapa titik di lokasi temuan struktur bata kuno.

"Kami lakukan penggalian di beberapa titik untuk melihat potensi bangunan," ujarnya.

Dikatakannya, saat ini, BPCB Jatim belum bisa mengidentifikasi bangunan pada temuan struktur bata kuno di lokasi.

BPCB Jatim belum tahu apakah bangunan pada struktur bata kuno berupa talud, bagian candi, atau tempat petirtaan.

"Kami juga belum tahu temuan struktur bata kuno ini periodisasi masa apa. Karena tidak ada temuan relief mencirikan masa dan tidak ada pahatan angka tahun. Kami belum bisa interpretasi periodisasi. Untuk itu, survei ini untuk mengetahui bentuk dan fungsi pada objek ini," katanya.

Seperti diketahui, Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan survei penyelamatan terhadap temuan struktur bata kuno di areal persawahan Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved