Breaking News:

Berita Mojokerto

Skrining Riwayat Kesehatan dan Deteksi Dini Risiko Penyakit Kronis Melalui Aplikasi Digital BPJS

Skrining riwayat kesehatan dan deteksi dini risiko penyakit kronis melalui aplikasi digital milik BPJS Kesehatan, Mobile JKN.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
BPJS Kesehatan memfasilitasi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk melakukan skrining kesehatan secara digital melalui aplikasi Mobile JKN, 2021. 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan memfasilitasi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk melakukan skrining kesehatan secara digital melalui aplikasi Mobile JKN.

Skrining kesehatan merupakan satu bagian penting guna mendeteksi penyakit sebelum bergejala.

Manfaat skrining bisa mengetahui sejak dini risiko terjadinya penyakit, sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan. Dan apabila berisiko menjadi penyakit, maka dapat lebih mudah diobati.

Melalui skrining riwayat kesehatan, dengan mengisi ceklist atas kondisi dan kebiasaannya sehari–hari, maka seseorang dapat mengetahui risiko kesehatan yang akan dialami di masa mendatang. Kemudian, dapat memperoleh anjuran aktivitas apa saja untuk mencegah risiko terjadinya penyakit.

Berdasarkan itulah BPJS Kesehatan memberikan fasilitas bagi peserta JKN-KIS untuk melakukan skrining kesehatan melalui digital di aplikasi Mobile JKN tersebut.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Kartika Widyastuti mengatakan, skrining riwayat kesehatan merupakan pemeriksaan kesehatan guna mengetahui risiko dari kondisi kesehatan peserta.

Dengan melakukan skrining riwayat kesehatan, maka dapat lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran mengenai pentingnya hidup sehat. Selain itu, skrining riwayat kesehatan ini merupakan salah satu program promotif-preventif kepada peserta JKN-KIS.

"Caranya cukup mudah, cukup download melalui Playstore pilih Mobile JKN, buka aplikasi Mobile JKN pilih fitur Skrining Kesehatan, kemudian diisi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya," ungkap Kartika, Selasa (21/9/2021).

Data hasil skrining tersebut digunakan oleh dokter untuk menganalisa kesehatan peserta sebagai upaya promotif dan preventif.

Ada beberapa risiko penyakit kronis yang dapat dideteksi adalah diabetes melitus (DM) tipe 2, hipertensi, gagal ginjal kronik, dan jantung koroner.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved