Berita Politik

DPP Tunjuk Mundjidah Wahab, Muncul Kelompok Forum Penyelamat PPP Jatim Nyatakan Tolak SK

Penunjukan Mundjidah Wahab sebagai ketua DPW PPP Jatim oleh DPP, nampaknya menimbulkan gejolak di internal partai. 

TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Muswil PPP Jatim 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penunjukan Mundjidah Wahab sebagai ketua DPW PPP Jatim oleh DPP, nampaknya menimbulkan gejolak di internal partai. 

Hal itu misalnya, kemunculan kelompok yang mengatasnamakan Forum Penyelamat PPP Jawa Timur dan secara terang-terangan menyatakan menolak SK DPP PPP tersebut. 

Ketua Forum Penyelamat PPP Jawa Timur, H Rofik mengatakan pihaknya menolak SK itu lantaran disebut tak memiliki dasar hukum lantaran tidak direkomendasi formatur hasil Muswil di Surabaya. 

"Kita konsisten menolak produk SK DPW Jatim yang dikeluarkan DPP PPP. Bagaimanapun, ini sangat mencederai marwah dan azas demokrasi partai," kata H Rofik kepada wartawan Rabu (22/9/2021). 

Menurut Rofik, hal tersebut dianggap tidak memiliki dasar hukum mengingat formatur hasil Muswil telah merekomendasikan susunan kepengurusan sebelumnya. 

Dia mengklaim, hal itu merupakan aspirasi dari seluruh elemen. Termasuk mayoritas DPC, Banom, dan kader partai akar rumput. Anggota Fraksi PPP Jatim ini menambahkan, langkah hukum terus berlanjut. 

Baca juga: PPP Resmi Tunjuk Mundjidah Wahab Pimpin DPW Jatim, DPP Berharap Mampu Kembalikan Kejayaan Partai

Yaitu, berupa gugatan ke Mahkamah Partai DPP PPP bahkan ke Pengadilan Negeri, serta surat ke Kemenkumham. Seperti diketahui, dinamika terkait penentuan Ketua DPW PPP Jatim memang sudah mencuat sejak beberapa waktu lalu. 

Disisi lain, Ketua DPC PPP Mojokerto Qusyairin menyayangkan langkah yang diambil DPP. Sebab, dia menilai hal itu telah menyalahi aturan regulasi organisasi partai. 

"Aturan partai adalah marwah tertinggi yang seharusnya kita patuhi dan taati," ujarnya dalam keterangan yang sama. 

Sebelumnya, DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi menunjuk Mundjidah Wahab sebagai nakhoda anyar DPW PPP Jatim untuk periode lima tahun mendatang.

Putri tokoh pendiri NU, KH Wahab Hasbullah itu diduetkan bersama Habib Salim Quraisy yang ditunjuk menjadi Sekretaris DPW PPP Jatim

SK penunjukan keduanya berlangsung di Jakarta Selasa (21/9/2021) malam.

SK itu langsung diberikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PPP Arwani Thomafi dengan didampingi sejumlah petinggi partai serta unsur PPP Jatim. 

Baca juga: Gerindra Rombak Susunan Fraksi di DPRD Jatim, Muhammad Fawait Jadi Ketua

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved