Breaking News:

Berita Politik

Mundjidah Wahab Resmi Nakhodai PPP Jatim, Dinilai Punya Simbolik dan Kultural Kuat

Penunjukan Mundjidah Wahab, sebagai Ketua DPW PPP Jatim dianggap dapat menjadi figur yang memiliki simbol kuat sebagai pimpinan partai. 

istimewa
Mundjidah Wahab, Bupati Jombang yang menjadi salah seorang kandidat untuk Ketua DPW PPP Jatim dalam gelaran Muswil pekan depan 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penunjukan Mundjidah Wahab, sebagai Ketua DPW PPP Jatim dianggap dapat menjadi figur yang memiliki simbol kuat sebagai pimpinan partai. 

Bupati Jombang yang akrab disapa Bu Mun itu dinilai dapat menjadi representasi politisi perempuan yang memiliki simbol NU kuat.

"Bu Mun punya modal kultural dan simbolik sebagai politisi perempuan," kata pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam, Rabu (22/9/2021).

Simbolik yang kuat itu, kata Surokim, lantaran Bu Mun memiliki ikatan yang kuat dengan kalangan Nahdliyin. 

Misalnya, kalangan fatayat maupun NU secara umum. Disisi lain, Bu Mun sebagai putri pendiri NU, KH Wahab Hasbullah merupakan trah yang kuat.

"Saya kira itu akan jadi nilai plus beliau," tutur Surokim yang juga peneliti senior SSC.

Baca juga: DPP Tunjuk Mundjidah Wahab, Muncul Kelompok Forum Penyelamat PPP Jatim Nyatakan Tolak SK

Hal itu positif, kata Surokim, mengingat persentase pemilih kalangan Nahdliyin sangat potensial di Jawa Timur. Apalagi, kedekatan simbolik dan kultural itu dapat terus diperkuat lagi.

Namun tetap saja, Surokim berpandangan, tantangan Bu Mun memang masih perlu diselesaikan.

Utamanya, terkait situasi internal partai. Jika tantangan itu dapat diselesaikan, maka tugas-tugas kepartaian nantinya bakal berjalan mulus.

Sebelumnya, DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi menunjuk Mundjidah Wahab sebagai nakhoda anyar DPW PPP Jatim untuk periode lima tahun mendatang.

Putri tokoh pendiri NU, KH Wahab Hasbullah itu diduetkan bersama Habib Salim Quraisy yang ditunjuk menjadi Sekretaris DPW PPP Jatim

SK penunjukan keduanya berlangsung di Jakarta Selasa (21/9/2021) malam.

SK itu langsung diberikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PPP Arwani Thomafi dengan didampingi sejumlah petinggi partai serta unsur PPP Jatim. 

"Duet Bu Nyai Mundjidah dan Habib Salim pimpin PPP Jawa Timur, diharapkan dapat menguatkan konsolidasi PPP khususnya dalam menyambut Pemilu 2024," ujar Arwani dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa malam. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved