Breaking News:

Berita Lamongan

Soto Lamongan dan Nasi Boranan Lamongan  Tambah Moncer, Kini Miliki Sertifikat Hak Paten

Peringatan, jangan pernah ada yang mencoba  mengklaim  Soto Lamongan dan Nasi Boranan adalah kuliner luar Lamongan

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Nasi boranan khas Lamongan yang sudah punya sertifikat hak paten, selain soto Lamongan. Ini sertifikatnya Rabu (22/9/2021) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Peringatan, jangan pernah ada yang mencoba  mengklaim  Soto Lamongan dan Nasi Boranan adalah kuliner luar Lamongan.

Pasalnya, Soto Lamongan dan Nasi Boran, kini memiliki sertifikat hak paten dari Kemenkumham RI sebagai salah satu kekhasan yang dimiliki oleh Lamongan.

Dua kuliner khas Lamongan ini sudah membekas di benak masyarakat tidak hanya di Lamongan saja. Dua kuliner ini juga memiliki label khusus yang selalu identik dengan Lamongan.

Dengan diterimanya sertifikat hak paten atas dua kuliner tersebut, maka Lamongan patut berbangga karena sudah menjadi ciri khas kuliner nusantara dan diakui secara nasional.

"Kami ajukan beberapa waktu lalu, akhirnya Soto Lamongan dan Nasi Boran menerima sertifikat hak paten sebagai salah satu kekayaan kuliner dari Lamongan," kata Kepala Disperindag Lamongan Muhammad Zamroni kepada wartawan, Rabu (22/9/2021). 

Menurut Zamroni, didaftarkannya hak paten atas soto Lamongan dan Nasi Boran ini untuk menjaga kemungkinan agar tidak diklaim oleh daerah atau bahkan negara lain. 

Kuliner khas itu, kata Zamroni, sebelumnya sudah didaftarkan dan diajukan ke Dinas Perindustrian Jatim untuk kemudian diteruskan ke Kemenkumham RI. 

Dan proses pendaftaran produk kuliner untuk mendapatkan hak paten ini  membutuhkan waktu yang relatif lama.

Diungkapkan, ada beberapa proses yang dilalui sebelum akhirnya turun sertifikat hak paten terhadap produk kuliner yang khas Lamongan ini diantaranya, adanya waktu sanggah, apakah produk semacam ini ada yang sama dengan produk dari daerah lain atau tidak. "Setiap produk yang didaftarkan ini memiliki kekhasan tersendiri. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved