Breaking News:

Berita Trenggalek

Kades Ngulanwetan Diberhentikan Sementara, Bupati Trenggalek Lantik Camat Pogalan Jadi Pj Kades

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin melantik pejabat sementara (Pj) Kepala Desa Ngulanwetan, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/aflahul abidin
Pelantikan Pj Kades Ngulanwetan, Kecamatan Pogalan, Rabu (22/9/2021) malam 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEKBupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin melantik pejabat sementara (Pj) Kepala Desa Ngulanwetan, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek.

Pelantikan itu menyusul pemberhentian sementara Nur Kholis dari posisinya sebagai kades buntut dari pengangkatan dua perangkat desa yang diduga tak prosedural.

Pj kades yang dilantik adalah Dilly Dwi Kurniasari. Dilly juga merupakan Camat Pogalan. Proses pelantikan digelar di Pendapa Kabupaten Trenggalek, Rabu (22/9/2021) malam.

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin tersebut mengatakan, pengangkatan Pj Kades dilakukan agar semua proses di pemerintahan desa bisa berjalan setelah pemberhentian sementara dilakukan.

“Agar semua bisa berjalan, diangkatlah Pj. Karena kami inginnya cepat. Menurut saya ini demi penyelamatan desa,” kata Mas Ipin.
Ia mengatakan, pemberhentian sementara kades dan pengangkatan Pj kades juga didasarkan pada jaringan aspirasi masyarakat.

“Sampai ujungnya BPD (Badan Permusyawaratan Desa) memohon kepada bupati untuk dilakukan pemberhentian sementara,” sambungnya.

Sementara itu, salah satu anggota BPD Ngulanwetan Samsudin, mengatakan, pihaknya telah menggali aspirasi dari masyarakat terkait persoalan kades tersebut sebanyak dua kali.

Baca juga: Puluhan PKL dan Pemilik Warung di Trenggalek Terima Bantuan Rp 1,2 Juta dari Kepolisian

“Dan terakhir, masyarakat meminta kepada kades, apabila tidak bisa menjalankan roda pemerintahan, diharapkan mengundurkan diri dari jabatannya. Itu sudah kami sampaikan ke bupati melalui camat,” kata Samsudin.

Menurutnya, BPD sudah beberapa kali memberi masukan kepada kades. Terutama soal tindaklanjut pengangkatan perangkat desa yang diduga tak prosedural. Namun, menurut dia, masukan itu tak diterima.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved