Breaking News:

Berita Malang

Kasus NIK Dipakai Orang Lain untuk Vaksin, Dinkes Kota Malang Sarankan Catat Secara Manual

Pemerintah Kota Malang masih menyelidiki kasus yang menyebabkan sejumlah siswa di SMKN 6 Kota Malang yang belum bisa divaksin, lantaran NIK-nya dipaka

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/BENNI INDO
Ilustrasi - Karyawan Lippo Plaza Batu melakukan scan di aplikasi Peduli Lindungi di hari pertama masuk kerja, Selasa (31/8/2021). Lippo Plaza Batu kembali buka setelah tutup lebih dari sebulan. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifki Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemerintah Kota Malang masih menyelidiki kasus yang menyebabkan sejumlah siswa di SMKN 6 Kota Malang yang belum bisa divaksin, lantaran NIK-nya dipakai orang.

Kasus penggunaan NIK oleh orang lain ini juga belum diketahui penyebabnya. 

Akan tetapi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, kasus penggunaan NIK oleh orang lain ini bisa disebabkan terjadinya kesalahan input data di KCPPEN Dashboard Kementrian Kesehatan.

"Di beberapa webinar yang saya ikuti, penginputan data itu sering terganggu, karena NIK-nya sudah terpakai. Dan saya tidak tahu kenapa hal ini bisa terjadi," ucap dr Husnul kepada Tribun Jatim Network, Kamis (23/9/2021).

Dia pun menyarankan, apabila hal itu terjadi, proses vaksinasi masih tetap bisa dilaksanakan.

Caranya melalui pencatatan manual NIK, yang kemudian diverifikasi kembali ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang (Dispendukcapil).

"Solusinya yang dicatat secara manual. Mereka tetap bisa dilayani, dan seharusnya langsung melakukan konfirmasi ke Dispendukcapil," terangnya.

Kasus penggunaan NIK oleh orang lain tersebut, merupakan kejadian yang pertama yang terjadi di Kota Malang.

Baik dari Dinkes dan Dispendukcapil Kota Malang saat dikonfirmasi, belum pernah mendapatkan laporan terkait dengan kesalahan penggunaan NIK oleh orang lain.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved