Breaking News:

Berita Mojokerto

Sampah Kiriman dari Kota Mojokerto Menggunung Sumbat Aliran Sungai Sadar

Masyarakat mengeluhkan gunungan sampah yang menumpuk di jembatan aliran Sungai Sadar masuk wilayah Desa Gebangmalang, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten M

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Mohammad Romadoni
Tumpukan sampah menggunung menyumbat aliran Sungai Sadar, di Desa Gebangmalang, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mohammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Masyarakat mengeluhkan gunungan sampah yang menumpuk di jembatan aliran Sungai Sadar masuk wilayah Desa Gebangmalang, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Sampah sungai itu dominasi tanaman kangkung, bambu dan sampah rumah tangga menyumbat aliran sehingga berpotensi memicu banjir ketika musim hujan.

Camat Mojoanyar, Amsar Ashari mengatakan pihaknya bersama Pemdes setempat telah berkirim surat permohonan bantuan penanganan sampah di sungai pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto.

"Surat sudah kita kirim ke BPBD Jumat kemarin yang nantinya akan berkoordinasi dengan PUPR terkait pembersihan sampah yang menumpuk di Sungai Sadar," ungkapnya, Sabtu (25/9/2021).

Menurut dia, pembersihan sungai ini dilakukan antar instansi yaitu BPBD dengan bantuan alat berat dari PUPR dan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Apalagi, masyarakat siap turut ikut dalam pembersihan sungai tersebut.

"Kita tidak sanggup membersihan sungai dengan banyaknya sampah tanaman bercampur sampah rumah tangga secara manual karena tumpukan sampah itu sampai 50 truk," bebernya.

Baca juga: Banyak Pelajar di Kota Mojokerto Terjaring Razia Knalpot Brong, Orangtua Pelanggar Akan Dipanggil

Masih kata Amsar, berdasarkan keterangan Pemdes sampah tanaman kangkung dan sampah rumah tangga itu kiriman dari Kota Mojokerto.

Pihaknya kini masih menunggu persetujuan dari BPBD terkait kepastian kapan dimulainya pembersihan sampah di sungai Sadar terutama di Kecamatan Mojoanyar.

"Kita belum tahu kapan realisasinya tunggu dari BPBD kemungkinan senin pekan depan kita juga khawatir mumpung belum musim hujan," jelasnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat menambahkan penanganan terkait sampah yang menumpuk di Sungai Sadar akan dilakukan dalam waktu dekat yang akan berkolaborasi dengan PUPR, BBWS, Pemdes dan potensi relawan.

Dia belum dapat memastikan realisasi pembersihan sampah di Sungai Sadar.

"Pembersihan sampah sungai menggunakan alat berat excavator dan diangkut Dump Truck yang rencananya sesuai rekomendasi kepala desa sampah tersebut akan dibuang di tanah kas desa setempat," tandasnya.

Baca juga: Ketahuan Curi Ayam Jago di Mojokerto, Pelaku Panik Kabur Tinggalkan Honda Beat Miliknya

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved