Breaking News:

Berita Kota Batu

Alun-alun Batu akan Dipasangi Pintu Parkir Otomatis untuk Mencegah Potensi Kebocoran Retribusi

Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Perhubungan berencana memasang pintu otomatis untuk parkir kendaraan di kawasan Alun-alun Batu. Kendaraan yang akan

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/BENNI INDO
Kawasan pintu masuk Alun-alun Batu yang rencananya akan dipasang pintu parkir. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Perhubungan berencana memasang palang pintu otomatis untuk parkir kendaraan di kawasan Alun-alun Batu. Kendaraan yang akan masuk harus melewati pintu dan memencet tombol.

Nanti akan keluar karcis sebagai hak pengguna. Ada empat pintu yang rencananya dipasang. Empat pintu tersebut terdiri atas dua pintu masuk dan dua pintu keluar.

Kepala Dinas Perhubungan, Imam Suryono mengatakan, pintu masuk ada di Jl Munif dan Jl Sudiro. Sedangkan pintu keluar ada di depan Masjid An-Nur serta Jl Kartini. 

"Hanya saja di Jl Kartini ini perlu ada kajian lebih lanjut karena jangan sampai mengganggu kegiatan kuliner di sana," kata Imam dalam presentasinya di acara Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Hotel Aster, Selasa (28/9/2021).

Rencana pemasangan itu untuk menutupi kebocoran potensi retribusi di kawasan Alun-alun Batu.

Suryono mengakui, Dishub belum pernah mencapai target pendapatan retribusi parkir di Alun-alun Batu. Padahal, potensinya sangat tinggi.

"Masalah perpakiran di kawasan Alun-alun merupakan potensi tinggi, setiap tahun terus terang Dishub tidak bisa memenuhi target karena kurangnya sarana dan prasarana, kedua terjadinya pandemi," ujarnya.

Dengan adanya pintu parkir tersebut, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir bisa dicapai.

Khususnya pemasukan dari kawasan Alun-alun Batu. Dari target Rp 8 miliar, hingga September ini, yang didapat belum sampai mencapai Rp 1 miliar. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved