Breaking News:

Berita Pasuruan

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Jadi Saksi Kasus Korupsi Dana Koperasi Rp 25 Miliar

Kasus dugaan korupsi dana koperasi, Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekartanjung Rp 25 Miliar memasuki pemeriksaan saksi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Udik Djanuantoro. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Kasus dugaan korupsi dana koperasi, Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekartanjung Rp 25 Miliar memasuki pemeriksaan saksi.

Ada 13 orang yang memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, Rabu (29/9/2021) siang.

Salah satunya adalah Udik Djanuantoro, Sekretaris Koperasi Usaha Tani Ternak (KUTT) Suka Makmur. Dia diminta kesaksian dalam kasus korupsi dan koperasi ini 

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan ini memberikan keterangan bersama teman-teman pengurus koperasi primer lainnya.

"Saya menghadiri sidang di Pengadilan Tipikor sebagai saksi dalam perkara bantuan Kementrian Koperasi senilai Rp 25 miliar," katanya.

Udik, sapaan akrab mantan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur ini mengakui dimintai keterangan terkait jabatannya sebagai Sekretaris Koperasi Suka Makmur.

"Karena jabatan sebagai sekertaris. Saat itu, Suka Makmur menjadi satu dari enam koperasi primer yang membentuk koperasi sekunder yakni PKIS Sekartanjung," lanjutnya.

Selain Udik, mantan Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Pasuruan Akhmad Khasani juga menjadi saksi dalam sidang kali ini.

Ada juga mantan Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur Purnomo Hadi. Dan sejumlah pengurus koperasi primer lainnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, dalam kasus ini, Kejari Kabupaten Pasuruan menetapkan 3 terdakwa dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan koperasi Rp 25 Miliar PKIS Sekartanjung ini.

Mereka adalah mantan Wakil Bupati Pasuruan Riang Kulup Prayuda, yang juga menjabat sebagai Sekretaris PKIS Sekartanjung.

Koesnan, sebagai Ketua PKIS Sekartanjung, dan terakhir Wibisono, Direktur Utama PT Nerwy Steel Engineering (NSE).

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved