Breaking News:

Berita Surabaya

Antisipasi Kerusuhan Warga Hunian Rutan, Lapas Surabaya Gelar Simulasi Penanganan Situasi Darurat

Lapas 1 Surabaya melakukan simulasi penanganan kerusuhan di dalam hunian lapas dan rutan, Jumat (1/10/2021). Tujuannya, membekali anggota dengan

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Saat petugas melakukan simulasi penanganan potensi kerusuhan warga binaan di Lapas 1 Surabaya, di Porong, Sidoarjo. -- 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA-Lapas I Surabaya melakukan simulasi penanganan kerusuhan di dalam hunian lapas dan rutan, Jumat (1/10/2021).

Tujuannya, membekali anggota dengan kemampuan taktis guna menangani setiap potensi kerusuhan yang terjadi di dalam hunian lapas dan rutan.

Pembekalan kemampuan petugas itu, dilakukan dalam rangkaian Pelatihan Elemen Inti Standar Pengamanan dan Tim Tanggap Darurat.

Kegiatan yang bekerjasama dengan International Criminal Investigative Training (ICITAP) itu, mengajarkan materi teknis simulasi kerusuhan. 

Simulasi tersebut, melibatkan tujuh orang peserta, yang terbagi dalam setiap sesi. Rinciannya, enam orang bertindak sebagai petugas, dan satu orang lainnya sebagai warga binaan yang bertindak memicu kegaduhan.

"Simulasi ini dilakukan semirip mungkin seperti di dalam kamar hunian ketika hendak memindahkan warga binaan," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono, Jumat (1/10/2021).

Semua petugas yang tergabung dalam Tim Tanggap Darurat (TTD) dan terlibat dalam simulasi tersebut mengenakan pakaian Penanggulangan Huru-Hara (PHH). Lengkap dengan tongkat, tameng, dan termasuk borgolnya.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung, oleh instruktur dari ICITAP Mr. Joe sebagai partner TTD, bersama dua orang petugas Lapas Nusa Kambangan.

Terkait, teknis pengeluaran paksa terhadap warga binaan dari ke sel dan standar pengawalan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved