Breaking News:

Berita Kota Kediri

Jelang Musim Penghujan, Sampah dan Sedimen Sungai Kresek Kota Kediri Mulai Dikeruk

Jelang musim penghujan, sampah dan sedimen Sungai Kresek Kota Kediri mulai dikeruk. Hal itu dilakukan untuk melancarkan aliran air.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Didik Mashudi
Alat berat dikerahkan untuk mengeruk sedimen dan sampah di Sungai Kresek, Kota Kediri, Jumat (1/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri melakukan pengerukan sedimentasi di Sungai Kresek.

Pengerukan dilakukan untuk melancarkan aliran air sungai saat musim penghujan.

Selain mengeruk sedimen di sungai, Dinas PUPR Kota Kediri juga membersihkan sampah yang banyak tersangkut di aliran sungai yang airnya berwarna hitam pekat, diduga akibat tercemar limbah. 

Upaya ini dilakukan mengantisipasi terjadinya luberan air saat musim penghujan serta genangan air di sejumlah titik jalan di Kota Kediri.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Kediri, Hadi Wahyono menyampaikan, pembersihan dan pengerukan telah dilakukan sejak beberapa hari terakhir di sepanjang aliran Sungai Kresek.

"Kegiatan normalisasi ini ditargetkan akan selesai selama sepekan," jelas Hadi Wahyono, Jumat (1/10/2021).

Meski tidak pernah terjadi genangan di sekitar sungai, pengerukan tetap dilakukan untuk menormalisasi aliran sungai yang dangkal akibat lumpur.

“Karena adanya lumpur akhirnya sungai menjadi dangkal dan ruang basah sedikit. Jika dibiarkan, nantinya aliran air tidak lancar dan mengumpul di satu titik. Ini nantinya dikhawatirkan menyebabkan air sungai meluap,” ujarnya.

Baca juga: Protes Harga Telur Anjlok, Peternak Layer di Ringinrejo Kediri Bagikan 2,5 Ton Telur Gratis

Sedangkan pengerukan dan normalisasi dilakukan berdasarkan skala prioritas penanganan. Nantinya pengerukan pada sungai lainnya akan dilakukan secara terjadwal.

Sementara Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengingatkan masyarakat turut menjaga lingkungan, terutama bagi yang tinggal di sekitar sungai.

“Keseimbangan lingkungan perlu dijaga bersama, tidak hanya oleh Pemkot Kediri namun juga masyarakat perlu terlibat. Pemkot Kediri telah siapkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di beberapa titik, diharapkan masyarakat yang membuang sampah di sungai semakin berkurang,” harapnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved