Breaking News:

Berita Kota Malang

Permudah Warga Dapatkan Vaksin, Polresta Malang Kota Luncurkan Pojok Vaksin dan Vaksinasi Drive Thru

Untuk mempermudah masyarakat dapatkan vaksin, Polresta Malang Kota meluncurkan pojok vaksin dan vaksinasi drive thru.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Humas Polresta Malang Kota
Mobil vaksinasi drive thru Polresta Malang Kota resmi diluncurkan bersama dengan jajaran Polres Batu dan Polres Malang di halaman Mapolres Malang pada Jumat (1/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Permudah masyarakat ikuti vaksinasi Covid-19 (virus Corona), Polresta Malang Kota luncurkan dua inovasi, pojok vaksin dan vaksinasi drive thru.

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto mengatakan, inovasi itu diciptakan sebagai langkah percepatan vaksinasi Covid-19 nasional, sekaligus upaya mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah Kota Malang.

"Vaksinasi drive thru telah kami launching bersamaan dengan Polres Batu dan Polres Malang di Mapolres Malang pada Jumat (1/10/2021) kemarin. Saat ini, kami juga merencanakan pojok vaksin untuk masyarakat yang mengakses layanan vaksinasi Polresta Malang Kota, dan belum mendapatkan dosis vaksin sama sekali," ujarnya kepada TribunJatim.com, Sabtu (2/10/2021).

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna menjelaskan secara detail, terkait inovasi layanan vaksinasi drive thru.

"Untuk mekanismenya di Kota Malang, kami siapkan di parkiran luar Stadion Gajayana Malang. Dan seperti layanan-layanan drive thru pada umumnya, mulai dari screening kesehatan sampai penyuntikan vaksin dilakukan tanpa harus turun dari kendaraan," jelasnya.

Setelah mendapatkan suntikan vaksin, peserta diarahkan ke lokasi parkir untuk observasi. Setelah 10-15 menit dirasa tidak ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), maka akan diberikan kartu vaksin dan bisa langsung meninggalkan lokasi vaksin.

Di layanan vaksinasi drive thru tersebut, Polresta Malang Kota akan menyiapkan sebanyak 100 dosis vaksin.

Baca juga: Matangkan Dakwaan, Masa Penahanan Dua Tersangka Korupsi di SMKN 10 Kota Malang Ditambah 30 Hari

"Untuk jenis vaksin yang kami berikan, ada yang Sinovac dan ada juga yang AstraZeneca (AZ). Tergantung dari ketersediaan vaksin yang ada di kami," tambahnya.

Yoppi juga menerangkan, pendaftaran vaksinasi drive thru bisa melalui nomor WhatsApp SIMPATI Makota. Atau bisa datang langsung ke lokasi, dan akan langsung dilayani apabila dosis vaksin pada saat itu masih tersedia.

"Untuk di Kota Malang, rencananya kami terapkan minggu depan. Jadwal hari dan waktunya, akan kami sosialisasikan kembali. Dan layanan vaksinasi drive thru ini, untuk orang dewasa saja, belum untuk anak usia 12 tahun ke atas," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved