Breaking News:

Berita Madura

Dana Bantuan Droping Air dari Pemprov Jatim Belum Cair, BPBD Sampang Andalkan PDAM Trunojoyo

Dana bantuan droping air bersih dari Pemprov Jatim belum cair, BPBD Sampang andalkan pihak ketiga, yakni PDAM Trunojoyo Sampang.

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang saat melakukan droping air bersih ke desa terdampak kekeringan, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Hanggara Syahputra

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang sudah melakukan droping air bersih ke wilayah terdampak kekeringan sejak pekan kemarin.

Meskipun dana bantuan droping air 75 desa di wilayah kerjanya senilai Rp 100 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur 2021 masih belum cair.

Hal itu dilakukan lantaran kondisi wilayah terdampak sudah mengalami kering kritis, dan proses droping air dinilai sudah terlambat, karena bantuan seharusnya dilakukan mulai September 2021 lalu.

Kepala BPBD Sampang, Asroni mengatakan, meski anggaran dari provinsi belum turun, droping air dilakukan melalui pihak ketiga, yakni PDAM Trunojoyo Sampang.

"Sementara ini wilayah terdampak kekeringan yang terdroping masih di Kecamatan Sampang," ujarnya, Minggu (3/10/2021).

Di sisi lain, menurutnya anggaran dari APBB Provinsi Jatim senilai Rp 100 juta dinilai masih kurang, alias tidak bisa menjangkau secara maksimal 75 desa terdampak.

"Pagunya tidak sesuai kebutuhan karena pengajuannya kemarin senilai Rp 250 juta, maka kita juga mengandalkan pihak ketiga," terang Asroni.

Sementara, saat hendak mengandalkan APBD Kabupaten Sampang dinilai sudah tidak bisa, karena waktunya mepet.

Baca juga: Oknum ASN di Sampang Terancam Disanksi Atas Dugaan Poligami Tanpa Izin, Minimal Turun Pangkat

Sehingga untuk tahun depan, pihaknya akan melakukan pendataan lebih awal agar plotingan desa-desa terdampak kekeringan bisa dianggarkan.

"Jika anggaran tidak cukup bisa meminta bantuan ke provinsi," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved