Breaking News:

Berita Malang

Waspada Musim Penghujan, 10 Kawasan di Kabupaten Malang Rawan Bencana Hidrometeorologi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang telah memetakan secara terbaru daerah-daerah yang rawan terkena bencana hidrometeorologi s

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Ilustrasi tanah longsor di Malang 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang telah memetakan secara terbaru daerah-daerah yang rawan terkena bencana hidrometeorologi saat musim hujan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan menerangkan pihaknya memberikan atensi kepada 10 kecamatan yang rawan terdampak bencana musim hujan itu.

"Kami memetakan wilayah Kecamatan Kasembon, Ngantang, Pujon, Lawang, Jabung, Poncokusumo, Sumawe, Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit berpotensi terdampak bencana hidrometeorologi, kami beri atensi kecamatan-kecamatan tersebut untuk antisipasi," ujar Sadono ketika dikonfirmasi.

Kata Sadono,  daerah tersebut memiliki kontur wilayah banyjak perbukitan atau pegunungan. Beberapa daerah berada di wilayah menuju pesisir dengan kontur perbukitan yang tak jauh berbeda.

"Kemudian longsor juga sempat terjadi di beberapa titik. Meskipun masih belum dapat dikategorikan bencana. Karena dampaknya masih kecil. Longsor itu kemarin di Ampelgading dan Tirtoyudo," beber pria yang kenyang pengalaman mendalami ilmu penanggulangan bencana itu.

Mengamati situasi cuaca saat ini, Sadono berpendapat jika saat ini masuk dalam fase peralihan musim kemarau menuju musim penghujan atau yang biasa disebut pancaroba.

Menurut Sadono, cuaca juga masih belum dapat diprediksi secara pasti. Sehingga tak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim.

"Karena masih peralihan (cuaca) kadang-kadang terjadi hujan lebat dengan instensitas tinggi. Jadi biasanya sporadis, tidak merata dan hanya di spot-spot tertentu. Dan hujan turun dengan sangat lebat,"

"Walaupun sebetulnya, Kabupaten Malang ini jadi daerah yang mendapatkan peringatan dini. Banjir maupun tanah longsor, tapi belum masuk ke status siaga darurat," jelas Sadono.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved