Breaking News:

Berita Jember

Sobung Sarka Memberikan 16 Masukan Terkait Draft Raperda Pengelolaan Sampah di Jember

Sobung Sarka memberikan 16 masukan terkait draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengelolaan Sampah di Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Taufik
Ilustrasi sampah. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sobung Sarka memberikan 16 masukan terkait draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengelolaan Sampah.

Sobung Sarka merupakan komunitas peduli sampah dan upaya pengurangan sampah di Kabupaten Jember.

Founder Sobung Sarka, Nurul Hidayah menuliskan masukan tersebut dalam surat resmi yang ditujukan kepada Badan Pembentukan Perda DPRD Jember.

Pekan ini, Pansus DPRD Jember bersama tim Perda Pemkab Jember mulai membahas Raperda yang dikirimkan oleh Pemkab Jember. Ada lima Raperda yang bakal dibahas, satu di antaranya adalah Raperda Pengelolaan Sampah.

"Ada sejumlah masukan yang kami sampaikan, seperti perhatian ke bank sampah, aturan satu desa satu bank sampah, juga sanksi terhadap orang yang membuang sampah sembarangan," ujar Nurul Hidayah alias Cak Oyong kepada Tribun Jatim Network, Senin (4/10/2021).

Fasilitas terhadap bank sampah antara lain berupa kendaraan angkut, dan timbangan. Sedangkan untuk satu desa satu bank sampah, harus diseriusi oleh pihak pemerintah desa, seperti sebagai salah satu unit usaha Bumdes.

"Sehingga bank sampah juga dapat penganggaran lewat DD/ADD. Sedangkan sanksi bagi orang yang membuang sampah sembarangan juga sangat penting. Harapan kami bisa seperti Bandung yang lengkap dengan Satgas Pengawasan terhadap pembuang sampah sembarangan," tegasnya.

Baca juga: Ibu Hamil di Jember Harus Ditandu Gara-gara Jembatan Dibangun Tanpa Jalur Alternatif, Videonya Viral

Beberapa analisa kritis dari Sobung Sarka antara lain:

Pertama, pada Bab I Pasal 1 tidak ada muncul frasa istilah bank sampah termasuk di dalamnya
bank sampah induk dan bank sampah unit. Padahal penggunaan frasa istilah bank sampah banyak dipakai di dalam aturan tentang pengelolaan sampah seperti Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah dan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved