Breaking News:

Berita Kabupaten Kediri

Buntut Demo Tolak Sirtu, Sejumlah Petani di Kediri Dipanggil Polisi, Kasat Reskrim Sebut Klarifikasi

Buntut demo tolak sirtu, sejumlah petani di Kediri dipanggil polisi, Kasat Reskrim Polres Kediri menyampaikan, pemanggilan dalam tahapan klarifikasi.

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Farid Mukarrom
Para petani di Kediri mendampingi temannya usai dipanggil polisi di Mapolres Kediri, Selasa (5/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Farid Mukarrom

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Sejumlah petani di Kediri dipanggil polisi usai dilaporkan atas tuduhan menghalangi aktivitas pertambangan, Selasa (5/10/2021).

Kronologi awal ini diketahui saat para petani melakukan unjuk rasa pasca beroperasinya aktivitas pertambangan pada tanggal 5 September 2021.

Para petani melakukan unjuk rasa dengan dalih memegang surat penghentian sementara yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018.

Akan tetapi aksi itu berujung pada pelaporan dari pihak perusahaan kepada petani.

Imam Mukhlas selaku Penasihat Hukum petani saat ditemui di Mapolres Kediri menjelaskan, para petani saat melakukan aksi demo tidak anarkis atau merusak peralatan tambang.

"Kejadian itu dilakukan di atas tangkis, artinya di luar area tambang. Para petani mempunyai dasar melakukan demo, berdasarkan dari surat DPMPTSP Jawa Timur yang meminta penghentian sementara aktivitas pertambangan," jelasnya.

Oleh karena itu, diduga pihak penambang kemudian melaporkan para petani yang dianggap melakukan penghalangan aktivitas pertambangan.

"Kami percaya pihak kepolisian akan menangani kasus ini secara profesional," tutur pria yang akrab disapa Mukhlas itu.

Baca juga: Fakta Baru Kasus Pembunuhan Remaja di Kediri, Korban Tak Hamil, Ditemukan Bercak Darah dan Sperma

Dalam pemaparannya, aktivitas penambangan di area itu dianggap merugikan para petani. Khususnya terkait dengan aliran irigasi.

Sementara itu, secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP Rizkika Atmadha menyampaikan, pemanggilan ini masih dalam tahapan klarifikasi.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved