Breaking News:

Ekonom Sarankan Bank Konvensional Berinisiatif Hadapi Neobank dan Fintech, Peran Digital Jadi Kunci!

Ekonom Unair Surabaya sarankan bank konvensional melakukan inisiatif hadapi neobank dan fintech, peran digital jadi kunci!

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Ekonom UNAIR, Wisnu Wibowo 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Fenomena neobank dan fintech di Indonesia turut mengundang perhatian berbagai pihak.

Termasuk pakar ekonomi kawakan asal Jawa Timur. Seperti Ekonom Universitas Airlangga Surabaya, Wisnu Wibowo.

Pria yang juga menjabat sebagai Chief Regional Economist Bank BNI itu menuturkan, dalam menghadapi persaingan yang ketat dengan neobank dan fintech, bank konvensional harus mengambil inisiatif untuk memperkuat produk dan layanan digital.

"Transformasi ke bank digital membutuhkan modal yang besar, maka sangat perlu didorong agar industri perbankan konvensional untuk bisa melakukan konsolidasi usaha," ungkap Wisnu, Selasa (5/10/2021).

Oleh karena itu, perlu bagi bank kecil dan menengah untuk melakukan merger dan akuisisi guna memperkuat struktur modal, sehingga secara agile dapat beradaptasi dengan tantangan dan kebutuhan digitalisasi keuangan.

Menurut Wakil Dekan I FEB Universitas Airlangga Surabaya itu, inovasi dalam layanan keuangan digital menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi bagi keberlangsungan bisnis bank konvensional.

Baca juga: Bank Mandiri Menuju Beyond Digital Banking, Super App Livin’ by Mandiri Terus Disempurnakan

Itu karena kemampuan memanfaatkan teknologi keuangan dalam memberikan layanan keuangan yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara cepat, aman sehingga menjadikannya sebagai bagian dari lifestyle.

“Meski demikian, sejatinya bank konvensional bersama neobank dan fintech dapat berkolaborasi pula. Tujuannya untuk membantu revolusi digital keuangan dengan menggarap potensi pasar digital bank yang sangat besar melalui kerja sama yang saling menguntungkan,” pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved