Breaking News:

Berita Surabaya

HUT ke-76 TNI, Kodam V Brawijaya Komitmen Dorong Kesejahteraan Masyarakat dan Penanganan Pandemi

Dua tahun merayakan hari jadinya di tengah bayang-bayang Pandemi Covid-19, membuat TNI makin berkomitmen dalam mendorong percepatan penanganan pandemi

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/Istimewa
Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, saat pantau pelaksanaan vaksinasi di Makodam V/Brawijaya, Selasa (5/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dua tahun merayakan hari jadinya di tengah bayang-bayang Pandemi Covid-19, membuat TNI makin berkomitmen dalam mendorong percepatan penanganan pandemi.

Peringatan HUT ke-76 TNI tahun 2021, sebagai tahun kedua ditengah pandemi, Kodam V/Brawijaya tetap berupaya merayakannya secara sederhana.

Namun tidak menghilangkan esensi penting dari tugas utamanya mengabdi dan melayani masyarakat. Yakni dengan menggelar layanan kesehatan berupa vaksinasi pada masyarakat, di seluruh daerah Jatim.

Selain itu, Kodam V/Brawijaya juga menyelenggarakan bakti sosial (baksos) pembagian sembako dan santunan kepada warga yang membutuhkan.

Rencananya, Kodam V/Brawijaya menyediakan sejumlah 117.000 dosis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di masing-masing daerah. Khususnya di Makodam V/Brawijaya menyediakan sejumlah 6.500 dosis vaksin.

Baca juga: Sambangi Kampung Masa Kecil, Wawali Surabaya Cak Ji Nostalgia Sambil Santap Pecel Bareng Cak Min

"Kami isi berbagai kegiatan dalam rangka membantu Pemprov Jatim, ikut serta meningkatkan taraf hidup masyarakat dan tentunya terus melawan pandemi," tegas Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Selasa (5/10/2021).

TNI memang memiliki tugas dan fungsi (Tupoksi) dalam operasi militer perang dan operasi militer selain perang. 

Mengingat saat ini sudah memasuki masa damai. Tentu saja, TNI senantiasa meningkatkan kemampuannya dengan melaksanakan beberapa jenis metode latihan gabungan. Latihan itu, tidak hanya dilakukan oleh TNI AD, namun juga TNI AL dan TNI AU.

Baca juga: Penggeledahan di Lapas Kelas I Malang, Petugas Sita Puluhan Sendok Stainless

Selain itu, dalam agenda operasi militer selain perang, TNI terlibat di seluruh kegiatan yang berkaitan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Suharyanto mengungkapkan, pihaknya memiliki serangkaian program unggulan yang berorientasi dalam kesejahteraan dan pelayanan masyarakat.

Mulai dari program TNI Manunggal Membangun Desa, penanganan terorisme, pengamanan perbatasan, pengamanan perairan dari pencurian kekayaan alam.

Baca juga: Pabrik Palet di Menganti Gresik Terbakar Dini Hari, Proses Pemadaman Masih Berlangsung

Termasuk, kurun waktu 2 tahun ini bersama-sama dengan Polri, masyarakat, pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa, TNI ikut serta mendorong kegiatan-kegiatan dalam rangka percepatan penanganan Pandemi Covid-19.

Seperti vaksinasi, layanan kesehatan terpadu, dan edukasi kesehatan dengan disiplin protokol kesehatan (Prokes).

"Di HUT ke-76 ini saya memberanikan diri mewakili seluruh prajurit TNI di seluruh Jatim, tentunya mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya selama ini sehingga tugas-tugas yang secara sekilas tadi saya sampaikan ke depan bisa terlaksana dengan lancar," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved