Breaking News:

Berita Tuban

Minta Solusi Nama Anak Terlalu Panjang di Tuban, Pemkab Berkirim Surat ke Dirjen Kemendagri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban telah mengirimkan surat kepada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam

Penulis: M Sudarsono | Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/ M Sudarsono
Cordo, bayi dengan nama panjang bersama ayahnya Arif Akbar 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban telah mengirimkan surat kepada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Surat tersebut terkait proses administrasi kependudukan untuk nama anak yang berjumlah 19 kata, yang mengalami kesulitan saat mengurus akta kelahiran.

"Kami sudah mengirim surat kepada pak Dirjen Dukcapil Kemendagri, kaitannya konsultasi nama panjang anak tersebut," kata Kepala Dinas Dukcapil Tuban, Rohman Ubaid, Kamis (7/10/2021)

Mantan Kabag Humas Pemkab Tuban itu menjelaskan, surat yang dikirim untuk menyampaikan permasalahan dan memohon penjelasan, solusi, atau tindak lanjut terkait nama panjang anak sebanyak 114 huruf tersebut. 

Baca juga: Orangtua di Tuban Ungkap Alasan Beri Nama Anak Sampai 19 Kata, Kini Kesulitan Buat Akta

Dalam waktu dekat surat balasan akan segera diterima, sebagai pedoman dalam proses pencatatan administrasi kependudukan.

Ia bercerita, kejadian itu bermula ketika Arif Akbar, telah mengajukan akta kelahiran anaknya sejak tahun 2019.

Lalu dijelaskan bahwa nama dalam dokumen kependudukan yang bisa diajukan melalui aplikasi Sistem Informasi Kependudukan (SIAK) dibatasi maksimal 55 karakter huruf, termasuk spasi.

Baca juga: Nongkrong di Warkop Masih Pakai Seragam, Puluhan Pelajar di Tuban Dihukum Push Up 50 Kali

"Sudah disarankan untuk menyesuaikan jumlah karakter yang disediakan dalam aplikasi SIAK, maksimal sebanyak 55 karakter huruf. Itu juga bisa berimplikasi pada data lainnya, seperti kartu indentitas anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), KTP," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, bayi dengan nama panjang 19 kata di Tuban yang pernah heboh, kini hampir menginjak usia tiga tahun.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved