Breaking News:

Berita Tuban

Nama Anak Panjang di Tuban Kesulitan Buat Akta, Ortu: Secara Prinsip Tak Ingin Ganti Nama

Arif Akbar, ayah dari anak dengan nama panjang di Kabupaten Tuban, berprinsip tak akan mengganti nama anaknya yang kini kesulitan mengurus akta

Penulis: M Sudarsono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ M Sudarsono
Cordo, bayi dengan nama panjang bersama ayahnya Arif Akbar 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Arif Akbar, ayah dari anak dengan nama panjang di Kabupaten Tuban, berprinsip tak akan mengganti nama anaknya yang kini kesulitan mengurus akta kelahiran.

Nama putra keduanya sendiri terdiri dari 19 kata, yaitu Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi - Thariq Ziyad Syafudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Bayi yang lahir pada 6 Januari 2019 itu kini akan menginjak usia tiga tahun, rencananya dalam satu atau dua tahun ke depan masuk TK dan membutuhkan akta.

"Kami dari orang tua juga tidak ingin nama itu diganti, karena disitu tidak ada undang-undang yang melarang," kata Arif, Kamis (7/10/2021).

Meski demikian, suami dari Suci Nur Aisiyah itu menyatakan, pihaknya siap untuk mengganti nama asalkan dari pihak dinas terkait mengirim satu lembar surat.

Surat itu berisi penegasan kalau nama itu tidak boleh atau tidak bisa. Sementara hingga kini, ia tidak pernah menerima apapun surat dari dinas Dukcapil.

"Kami siap mengganti nama, asal ada surat dari dinas tidak boleh atau tidak bisa pakai nama itu untuk buat akta," ungkap warga Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar itu. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid mengatakan, ada batasan karakter huruf dalam mengurus dokumen kependudukan.

Baca juga: Kinerja Pendidikan Jawa Timur Tertinggi di Indonesia, Gubernur Khofifah: Patut Bersyukur

Sebelum akta anak diproses, maka harus masuk dulu dalam biodata base sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) ditjen dukcapil, maksimal 55 karakter huruf.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved