Breaking News:

Situbondo Jadi Kabupaten Paling Inklusif, Anak Muda hingga Disabilitas Dapat Pelatihan USAID dari AS

Salah satunya adalah Kabupaten Situbondo yang mendapatkan penghargaan Kabupaten Paling Inklusif.

Dok U.S. Consulate General Surabaya
Konsul Jenderal AS Jonathan Alan bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Dr. Himawan Estu Bagijo, SH, MH., Kepala Bappeda Jatim Ir. Muhammad Yasin, M.Si, serta Bupati dan Wakil Bupati Situbondo. 

TRIBUNJATIM.COM - Kabupaten Situbondo berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Paling Inklusif.

Penghargaan tersebut diraih oleh Kabupaten Situbondo dalam acara penganugerahan juara inklusivitas di Jawa Timur oleh Amerika Serikat dan Indonesia.

Sebanyak 27 individu dan institusi telah mengadvokasi inklusivitas dalam program dan inisiatif mereka.

Acara Anugerah Inklusivitas di Jawa Timur ini berlangsung hari ini Kamis (7/10/2021).

Jonathan Alan, selaku Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, membuka acara tersebut.

"Pemerintah AS bangga dapat bermitra dengan Pemerintah Indonesia dan sektor swasta untuk membekali anak muda yang rentan dan berpenghasilan rendah dengan keterampilan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai potensi penuh mereka, serta bersaing di pasar kerja abad ke-21 dan berkontribusi dalam memperkuat perekonomian Indonesia. Amerika Serikat dan Indonesia bekerja sama untuk membangun nilai-nilai penting dan mencapai tujuan bersama,” ungkap Konsul Jenderal Jonathan Alan dalam siaran tertulis ke TribunJatim.com, Jumat (7/10/2021).

Sesi penghargaan ini merupakan bagian dari konferensi nasional tiga hari tentang “Sebuah Inisiatif Ketenagakerjaan dan Kewiraan Inklusif” yang diselenggarakan oleh Pemerintah AS melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Dipimpin oleh inisiatif Mitra Kunci USAID, konferensi ini menyajikan pencapaian dan kemitraan yang berkelanjutan selama lima tahun, dan akan berakhir pada Januari 2022.

Baca juga: Kisah Jovan Zachary Arek Suroboyo Goes to US Navy, Merantau Berujung Jadi Tentara Amerika Serikat

Baca juga: Wujudkan Kampung Inklusi, Penyandang Disabilitas Banyuwangi Dilatih Beragam Keterampilan Terapan

Kabupaten Situbondo berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Paling Inklusif.
Peserta acara virtual Anugerah Inklusivitas dari Pemerintah Kota Situbondo. Kabupaten Situbondo berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Paling Inklusif. (Dok Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo)

Dengan kemitraan multi-stakeholder, terutama dengan Kementerian Ketenagakerjaan serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, perguruan tinggi, balai latihan kerja, sektor swasta, dan mitra utama lainnya, Mitra Kunci telah meningkatkan keterampilan dan kondisi pekerjaan kelompok rentan di Indonesia.

Mereka yang mendapat manfaat dari pelatihan USAID di antaranya anak muda, perempuan, dan penyandang disabilitas yang kini memiliki keterampilan dan sumber daya yang lebih baik untuk berhasil dalam ekonomi modern Indonesia.

Hingga saat ini, 245 instruktur dari 122 lembaga pelatihan telah memanfaatkan program pelatihan USAID untuk meningkatkan soft skill dan pengetahuan siswa/i. Melalui Mitra Kunci, USAID telah bekerja sama dengan empat pusat pelatihan di Jawa Timur untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKN-TKWU).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved