Breaking News:

Berita Surabaya

Indikator PPKM Berbasis Wilayah: Seluruh Kelurahan di Kota Surabaya Berstatus Zona Hijau

154 kelurahan dari 31 kecamatan di Kota Surabaya telah berstatus zona hijau berdasarkan perhitungan indikator PPKM Darurat berbasis wilayah.

Tribun Jatim Network/Habibur Rohman
Petugas melayani warga yang melakukan vaksinasi Covid-19 AstraZeneca dosis kedua di Convention Hall Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (21/7/2021). Kegiatan oleh Kementerian Kesehatan RI dan Pemkot Surabaya ini diikuti lebih dari 3000 warga dari Surabaya Raya. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - 154 kelurahan dari 31 kecamatan di Kota Surabaya telah berstatus zona hijau berdasarkan perhitungan indikator PPKM Darurat berbasis wilayah. 

Ini sekaligus menunjukkan kasus aktif di Kota Pahlawan semakin menurun.

Sekalipun demikian, Dinas Kesehatan Surabaya mencatat masih ada 51 kasus aktif di Kota Pahlawan hingga 7 Oktober 2021. 

"Rata-rata di kelurahan, paling tidak di bawah 5 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita, Sabtu (9/10/2021).

Penilaian level berdasarkan indikator PPKM Darurat berbasis wilayah melalui sebuah skema. Yakni, menghitung jumlah kasus konfirmasi Covid-19 kumulatif aktif dibanding jumlah penduduk kemudian dikali 100 ribu. 

Targetnya, kurang dari 20 kasus aktif kumulatif per 100 ribu penduduk (Level 1). Artinya, setiap 5 ribu penduduk diharapkan tidak lebih dari 1 kasus aktif.

Data Dinkes Surabaya per tanggal 7 Oktober 2021 mencatat, 51 kasus aktif tersebut tersebar di 21 wilayah kecamatan. Oleh karena itu, Dinkes memastikan langkah antisipasi penularan masih akan terus dilanjutkan. 

Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan level berdasarkan penilaian indikator PPKM Darurat berbasis wilayah.

Di antaranya, melakukan kegiatan 3T (testing, tracing dan treatment) berbasis wilayah. Meskipun, transmisi penularan sudah rendah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved