Breaking News:

Berita Kota Malang

Seminggu di Bulan Oktober 2021, Dua Nyawa Melayang Akibat Kecelakaan di Kota Malang

Seminggu di Bulan Oktober 2021, dua nyawa melayang akibat kecelakaan di Kota Malang. Sebagian besar penyebab kecelakaan berasal dari pengendara motor

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Kanit Laka Lantas Satlantas Polresta Malang Kota, Iptu Saiful Ilmi saat mengecek truk boks yang mengalami kecelakaan di Jalan Majapahit pada Kamis (7/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Satu minggu di bulan Oktober 2021, tercatat ada lima kali kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kota Malang, Jawa Timur.

Dari jumlah tersebut, setidaknya tujuh orang yang menjadi korban laka lantas. Dan dua di antaranya, meninggal dunia.

Kanit Laka Lantas Satlantas Polresta Malang Kota, Iptu Saiful Ilmi mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan laporan polisi (LP) yang sudah diterima.

Dirinya mengungkapkan, sebagian besar penyebab kecelakaan di Kota Malang, berasal dari pengendara motor itu sendiri.

"Seperti contoh, tidak memperhatikan rambu-rambu atau kondisi jalan. Kemudian, kurangnya rasa sabar saat berlalu lintas seperti kejadian beberapa waktu lalu, hingga memilih memotong jalan ke sisi kiri dan tertabrak oleh kendaraan yang searah dengannya," ujarnya kepada TribunJatim.com, Sabtu (9/10/2021).

Dirinya menjelaskan, saat ini yang terpenting adalah memperbaiki sikap dalam berkendara. Karena terbukti, faktor internal pengendara menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

"Tingkatkan kesabaran, kemudian selalu waspada dengan tetap konsentrasi dalam berkendara, serta menghindari berkendara di cuaca yang tidak mendukung. Apabila terjadi hujan lebat, khususnya kendaraan roda dua, bisa menepi terlebih dahulu," tambahnya.

Dirinya juga berkaca atas masih banyaknya kejadian laka lantas pada dua bulan terakhir. Pada bulan Agustus-September 2021, tercatat ada 42 kejadian kecelakaan. Dari jumlah tersebut, telah menelan 10 korban jiwa.

Baca juga: Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Istri Siri di Malang, Tersangka Peragakan 55 Adegan

"Kami selalu mengupayakan, agar para pengendara bisa lebih berhati-hati. Karena tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas di Kota Malang ini. Bersama Unit Dikyasa, kami selalu melakukan sosialisasi," jelasnya.

Saiful juga menambahkan, sudah ada fasilitas-fasilitas umum yang bisa digunakan oleh pengendara di saat lelah dalam perjalanan.

"Kami juga sudah menyiapkan pos Black Spot di wilayah Kelurahan Gadang untuk menjadi titik persinggahan pengendara apabila dirasa tidak kuat melanjutkan perjalanan. Dan pengendara wajib mengetahui, apakah dirinya kuat melanjutkan perjalanan atau tidak," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved