Breaking News:

Berita Surabaya

ITS Serahkan Mesin Cetak Braille ke SLBN 1 Palangka Raya, Bisa Mencetak 400 Karakter per Detik

Berhasil menciptakan 10 mesin cetak Braille, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkomitmen untuk memberikan akses mesin tersebut ke seluruh pe

Penulis: Zainal Arif | Editor: Ndaru Wijayanto
ITS
Tim Riset Braille ITS menjelaskan pengoperasian mesin cetak Braille 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Zainal Arif

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Berhasil menciptakan 10 mesin cetak braille, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkomitmen untuk memberikan akses mesin tersebut ke seluruh penjuru Indonesia.

Berdasarkan usulan dan permintaan dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK).

Tim Riset Braille ITS berkesempatan untuk menyumbangkan inovasinya serta memberikan pelatihan operasional kepada Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (9/10/2021).

Ketua Tim Riset Braille ITS, Tri Arief Sardjono menyebutkan, mesin cetak braille ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2012 dan merupakan modifikasi dari alat yang sama dari Norwegia. 

Baca juga: Tragis, Seorang Pria Tewas Tertimpa Truk Muatan Tebu 7 Ton di Jalan Pahlawan Tulungagung

Hasil modifikasi tim ITS mampu mencetak 400 karakter Braille per detik dari yang sebelumnya hanya bisa mencetak 200 karakter Braille per detik. 

“Pada versi ini juga disediakan fitur suara, sehingga teman-teman yang tunanetra bisa mengoperasikan mesin ini juga,” ujar Tri kepada SURYA.co.id, (Tribun Jatim Network) Minggu (10/10/2021).

Selain melakukan serah terima, ITS juga memberikan pelatihan Standard Operational Procedure (SOP) dalam mengoperasikan mesin cetak Braille kepada tenaga didik SLBN 1 Palangka Raya.

Baca juga: Kepala Dusun di Tuban yang Terjerat Kasus Selingkuh Laporkan Kades dan 8 Warga

Hal itu supaya tenaga didik dapat mengoperasikan, merawat, serta memperbaiki mesin garapan ITS dan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) ini.

Sementara untuk pelatihan teknis, Tri mengungkapkan akan memilih beberapa perwakilan dari SLBN 1 Palangka Raya untuk hadir ke Surabaya secara langsung. 

Baca juga: Hasil Sepak Bola PON XX Papua - Terlalu Kuat Buat Jabar, Jatim Lolos Semi Final Sebagai Juara Grup E

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved