Breaking News:

Pelatihan Dokter Cilik 2021, Ajarkan Anak Membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PJBS) perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini untuk meningkatkan kualitas hidup.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sulvi sofiana
Tangkapan layar pelatihan Dokter Cilik 2021 membahas Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PJBS), Sabtu (9/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sulvi Sofiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PJBS) perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dalam pelatihan Dokter Cilik 2021, 60 peserta yang merupakan siswa SD diajak membiasakan PHBS lewat materi yang dibawakan Ir Chamidha MT, Plt Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Surabaya.

Chamidha mengungkapkan PHBS bertujuan menciptakan lingkungan bersih di masyarakat. Karena PHBS bisa dilakukan di berbagai lingkup, mulai rumah, sekolah, tempat kerja, tempat umum dan lainnya.

"Macam-macam kegiatan PHBS itu dimulai dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, mengkonsumsi makanan sehat bergizi, menggunakan jamban atau MCK yang bersih dan sehat serta  tidak merokok,"urainya dalam pelatihan secara daring, Sabtu (9/10/2021).

Selain itu juga menggunakan air bersih, olahraga teratur, membuang sampah pada tempatnya dan melakukan kerja bakti di lingkungan bersama.

Termasuk menerapkan zero waste, dengan mengurangi sampah serta memilah sampah.

"Di Surabaya, sampah ini dipilah sampah organik dan anorganik. Yang organik dimasukkan keranjang takakura untuk dijadikan kompos. Yang anorganik disetorkan di bank sampah. Jadi sampah jadi berkah karena bisa diuangkan atau revalue,"urainya.

Chamidha mengungkapkan PHBS bisa dilakukan semua orang karena tujuan dan manfaatnya bisa dirasakan untuk kesehatan semua orang.

"Apalagi di masa pandemi, penerapan PHBS juga perlu dilakukan dengan meneraplan 5M,"ujarnya.

Materi yang disampaikan Chamidha ini menarik perhatian peserta Dokter Cilik 2021.

Salah satunya Arinda yang mempertanyakan manfaat mencuci tangan menggunakan air hangat.

"Saya sudah membiasakan PHBS dengan rutin cuci tangan, makan sehat dan membantu mengepel di rumah,"celetuknya.

Orang tua dan guru juga menunjukkan respon positif atas materi yang disampaikan Chamidha untuk diterapkan di lingkungan.

Acara ini juga didukung oleh Sponsor yaitu Prodia Children’s Health Care, Rumah Sunat Surabaya, Energen, Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Dinas Pendidikan Kab Gresik, Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Dinas Pendidikan Kota Malang.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved