Breaking News:

Berita Politik

Elektabilitas PKB Teratas, Pengurus DPW Jatim Sebut Jadi Motivasi ; Kami Tidak Besar Kepala

Meningkatnya tren elektabilitas PKB dalam survei terbaru yang dilakukan The Republic Institute disambut positif pengurus DPW di Jatim.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Yusron Naufal Putra
Dr Sufyanto, peneliti utama The Republic Institute, saat memaparkan hasil survei secara daring. Diantara potret surveinya adalah elektabilitas parpol dalam pandangan masyarakat Jawa Timur. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Meningkatnya tren elektabilitas PKB dalam survei terbaru yang dilakukan The Republic Institute disambut positif pengurus DPW di Jatim. 

Mereka bersyukur atas tren kenaikan tingkat keterpilihan tersebut, meskipun begitu mereka mengaku tak mau jumawa hingga berpuas diri. 

"Yang pasti kita bersyukur, Alhamdulillah kalau hasil survei bahwa elektabilitas tertinggi adalah PKB," kata Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah saat dihubungi dari Surabaya, Senin (11/10/2021).

Menurut Anik, data-data semacam itu dapat menjadi acuan pihaknya dan motivasi berlipat untuk menjalankan seluruh kerja kepartaian.

Apalagi, kata Anik, sudah ada perintah dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk seluruh kader agar terus meningkatkan kinerja. Termasuk di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Bahwa seluruh kader PKB, baik yang ada di legislatif maupun eksekutif atau kepala daerah yang diberangkatkan oleh PKB bisa melakukan khidmah, advokasi dan pendampingan kepada masyarakat," ungkap Anik.

Anik melanjutkan, bagi pihaknya, angka dalam survei tersebut juga dapat menjadi rujukan beberapa upaya yang dilakukan PKB Jatim selama ini.

Baca juga: Elektabilitas Parpol Versi Hasil Survei The Republic Institute, PKB Jadi Yang Tertinggi

"Kami berharap, hasil survei ini tidak menjadikan kami besar kepala, tidak menjadikan kami puas diri," tambah Anik yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim.

Peningkatan kinerja dalam setiap posisi kader disebut memang perlu terus ditingkatkan. Berbagai upaya menyambut Pemilu 2024 terus ditingkatkan. Apalagi, gelaran pesta demokrasi masih relatif lama.

"Maka, hasil survei ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi dan lebih banyak lagi yang bisa kita perbuat untuk menjawab kebutuhan masyarakat," ungkap Anik menambahkan.

Sebelumnya, Lembaga survei The Republic merilis hasil survei terbaru mereka tentang elektabilitas parpol dalam pandangan masyarakat Jawa Timur terkait Pemilu 2024. 

Dalam survei tersebut, PKB berada di urutan atas dengan angka 25,2 persen. Kemudian ditempel PDI Perjuangan di angka 19,6 persen. Selanjutnya, Partai Golkar dengan angka 11,8 persen, Gerindra 11,7 persen, lalu Demokrat 9,1 persen.
Survei tersebut digelar pada 1-13 September 2021 dengan melibatkan 1.225 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,8 persen. Survei tersebut dilakukan di 38 kabupaten/kota di Jatim. 
Dr Sufyanto, peneliti utama yang juga Direktur The Republic Institute, dari urutan tersebut, nampak angka PKB cukup tinggi. Menurut Sufyanto, besarnya angka elektabilitas PKB itu juga dipengaruhi oleh kinerja kader mereka di sejumlah posisi. 
"Salah satunya karena imbas di beberapa wilayah kabupaten, bupatinya berasal dari kader PKB," kata Sufyanto, saat pemaparan temuan surveinya, dikutip Senin (11/10/2021). 

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved