Breaking News:

Berita Surabaya

Hilangkan Pemukiman Kumuh, Bhong Chino Kota Madiun Disulap Jadi Rusunawa

Makam Tionghoa atau Bong Chino di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan/Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun akan dialihfungsikan menjadi Rusunawa

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sofyan Arif Candra
Makam Tionghoa atau Bong Chino di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan/Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun akan dialihfungsikan menjadi Rusunawa. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Makam Tionghoa atau Bong Chino di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan/Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun akan dialihfungsikan menjadi Rusunawa.

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan saat ini terdapat lebih kurang 212 makam di komplek tersebut dan kebanyakan memang sudah tak terurus.

Hal tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membangun rumah di atas makam.

"Ada sekitar 57 KK yang bermukim di areal makam. Nantinya akan dialihfungsikan menjadi areal rusunawa dan RTH untuk menghilangkan pemukiman kumuh," kata Maidi, Senin (11/10/2021).

Namun begitu, sebelum membangun Rusunawa, Pemkot Madiun masih punya PR untuk memindahkan 212 makam di areal tersebut.

"Ada 80 (makam) yang sudah tidak diurus, nanti akan dipindahkan dan akan diurus oleh Pemkot," lanjutnya.

Setelah relokasi makam selesai, barulah Rusunawa tersebut akan dibangun dengan tinggi enam lantai dengan jumlah 110 unit kamar.

Baca juga: Boneka Ikon Squid Game di Surabaya Dibongkar Satgas Covid-19, Ini Penyebabnya

"Fasilitasnya tentu lebih bagus dibandingkan dengan rumah-rumah yang ada di makam itu. Rusunawa ini sudah mirip apartemen," jelas Maidi.

Maidi menegaskan, Rusunawa tersebut hanya bisa diisi oleh warga Kota Madiun terutama yang sebelumnya tinggal di Bong Chino tersebut.

Lahan areal makam sendiri mempunyai luas 7 ribu meter persegi. Nantinya pembangunan gedung Rusunawa hanya akan memakan sepertiga dari luasan lahan tersebut.

"Sisanya saya akan buat tempat usaha. Saya ingin warga tidak hanya mendapat hunian layak, tapi juga dibina untuk berusaha memperkuat ekonominya," pungkasnya.

Kumpulan berita Madiun terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved