Breaking News:

Berita Politik

Ketua Golkar Surabaya akan Luncurkan Buku, Pengamat: Inovasi Baru Politisi Muda yang Elegan

Politisi Partai Golkar Surabaya Arif Fathoni rencananya akan meluncur buku dalam waktu dekat.

SURYA/BOBBY KOLOWAY
Ketua DPD Golkar Surabaya sekaligus Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya Arif Fathoni saat bersama Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Politisi Partai Golkar Surabaya Arif Fathoni rencananya akan meluncur buku dalam waktu dekat. 

Peneliti Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai langkah tersebut bisa menjadi pertanggungjawaban sebagai dewan sekaligus edukasi publik. 

Menurutnya, ini menjadi sebuah terobosan, inovasi dan legacy baru di era kini. Sering disebut era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (vuca). 

"Politikus muda itu memang harus banyak terobosan, terutama di era vuca. Itu tradisi baik, elegan dan layak diapresiasi," kata Surokim di Surabaya, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Ilmi Zada Cabut Gugatan Terhadap Demokrat Setelah Muncul Putusan Sena PN Tuban

Selain itu, buku tersebut akan mendekatkan para politisi dengan khalayak luas atau konstituennya. Menurut dia, para politikus harus berani terbuka. 

Juga, mewarnai ruang publik lebih luas untuk edukasi dan peningkatan akses dan partisipasi politik. Apalagi apatisme anak muda terhadap dunia politik juga hingga kini masih dominan. 

"Anak muda masih menganggap bahwa dunia politik praktis itu negatif, culas, kotor dan cenderung dihindari," kata Dekan Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini. 

Baca juga: Ketua Partai Golkar Surabaya Ajak Anak Muda Berpartisipasi di Politik, Begini Caranya

Menurutnya, untuk mau membuka diri dan berani membuka komunikasi melalui ide dan gagasan progresif itu memang tidak mudah. Apalagi, jika ide itu dituangkan dalam buku. 

Sehingga, ini memang butuh usaha ekstra. Apabila ini bisa dilakukan, buku sebagai sumber pengetahuan akan selalu bisa melewati zamannya dan menjadi tradisi baik. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved