Breaking News:

Berita Sidoarjo

Capaian Vaksinasi Lansia di Sidoarjo Masih Kurang, Begini Upaya Gus Muhdlor Kejar Target

Vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) di Sidoarjo masih kurang. Data di Pemkab Sidoarjo menyebut, sampai sekarang masih berada di angka 40,5 pers

Penulis: M Taufik | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/M Taufik
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat memantau vaksinasi di Wonoayu, Sidoarjo 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) di Sidoarjo masih kurang. Data di Pemkab Sidoarjo menyebut, sampai sekarang masih berada di angka 40,5 persen untuk vaksin tahap pertama.

Untuk bisa berada di level 1 PPKM, angka itu masih kurang. Karena aturan dalam Inmendagri nomor 47 menyebut, butuh vaksinasi sampai 60 persen untuk warga lanjut usia.

"Data sampai 11 Oktober, di Sidoarjo vaksinasi untuk lansia sudah mencapai 40,5 persen. Dan kita harus kejar sampai 60 persen agar bisa level satu," kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di sela meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk 1.000 lansia di Kecamatan Wonoayu, Selasa (12/10/2021).

Berdasar data itu, masih kata Muhdlor, angka vaksinasi lansia di Sidoarjo menurut Inmendagri sudah melewati batas level dua. Sedangkan menurut assessment Kemenkes RI, Sidoarjo sudah masuk dilevel satu.

Baca juga: Capaian Vaksinasi di Tuban Baru 38 Persen, Pemkab Keluhkan Rebutan Vaksin dengan Daerah Lain

Gus Muhdlor mengatakan target vaksinasi kepada lansia sebanyak 150 ribu orang. Saat ini sudah mencapai 120 ribu. Sisa target 30 ribu Lansia tersebut akan terus dikejar.

"Caranya, salah satunya dengan mendekatkan pelaksanaan vaksinasi atau jemput bola. Ini juga untuk membantu warga lansia. Mereka sudah sepuh sehingga kita yang harus lebih aktif," ujar Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor.

Dia berharap, dalam dua pekan ini cakupan 60 persen vaksinasi dosis pertama kepada lansia sudah terkejar. Bidan desa juga dikerahkan.

"Untuk 30 ribu warga lansias ini, target kita harus terkejar dalam dua pekan ke depan. Memang kemarin hitungannya tujuh hari sudah selesai, tapi saya beri kelonggaran. Artinya, per kecamatan hanya 300 saja setiap hari sudah cukup," urainya.

Selanjutnya, setelah vaksinasi terselesaikan, Pemkab Sidoarjo bakal mulai fokus pada pemulihan ekonomi. Beberapa program bantuan permodalan akan dikucurkannya.

Tahun depan, Pemkab Sidoarjo juga akan mendorong berkembangnya UMKM baru. Targetnya 10 ribu kelompok UMKM baru akan muncul dengan dukungan dana hibah Pemkab Sidoarjo.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved