Breaking News:

Berita Lamongan

Cuaca Mendukung, Eksplorasi Kapal Van der Wijck di Lamongan Hari Ini Dilanjutkan

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kembali melanjutkan eksplorasi untuk membuktikan keberadaan kapal Van der Wijck, Kamis (14/10/2021)

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Kapal Van der Wijck yang tenggelam di perairan Laut Jawa 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN  - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kembali melanjutkan eksplorasi untuk membuktikan keberadaan kapal Van der Wijck, Kamis (14/10/2021).

Tim arkeolog BPCB akhirnya bisa  melanjutkan karena cuaca yang mendukung. Tim erkeolog BPCB siang ini telah berada di tengah laut untuk melanjutkan eksplorasi untuk membuktikan keberadaan kapal yang tenggelam di perairan Lamongan pada 1936 itu. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan Siti Rubika membenarkan jika hari ini tim arkeolog dari BPCB Jatim didampingi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Lamongan kembali melanjutkan eksplorasi terhadap keberadaan kapal van der Wijck. 

"Hari ini eksplorasi bangkai  kapal Van der Wijck dilanjutkan," kata Siti Rubika saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (14/10/2021). 

Rubika menambahkan, tim arkeolog telah menuju ke titik  kapal  karam yang diduga kapal Van der Wijck tersebut Kamis  pagi ini dengan membawa 2 kapal nelayan setempat untuk mempercepat proses eksplorasi. 

Saat ini,  tim masih berada di perairan Brondong yang berjarak sekitar 17 mil dari daratan. "Pagi tadi berangkat dengan 2 kapal nelayan dan saat ini masih berada di sana (laut)," ujarnya. 

Baca juga: Nasib Polisi yang Banting Mahasiswa, Minta Maaf Sambil Peluk, Korban Ngotot Kasus Tetap Dilanjutkan

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho beberapa waktu lalu mengungkapkan jika agenda eksplorasi kapal Van der Wijck ini masih sama dengan yang sudah dilakukan beberapa bulan lalu karena memang eksplorasi kapal van der Wijch ini menjadi prioritas BPCB.

Targetnya, menurut Wicak, diantaranya adalah eksplorasi untuk mencari penampakan kapal baik berupa foto dan video terhadap kapal yang karam tersebut. 

Jika berhasil diabadikan atau divideo, langkah  selanjutnya adalah diidentifikasi untuk memastikan,  apakah benar itu Van der Wijck atau tidak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved