Breaking News:

Berita Madura

Pemkab Sampang Hibahkan Ratusan Alat Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pengan (Disperta-KP) setempat hibahkan ratusan alat mesin pertania

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/Hanggara Pratama
Alat mesin pertanian (Alsintan) saat berada di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pengan (Disperta-KP) Kabupaten Sampang, Madura. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Hanggara Pratama

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pengan (Disperta-KP) setempat hibahkan ratusan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok pertanian (Poktan).

Program bantuan tersebut merupakan aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tahun 2021, sehingga turun langsung dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Namun, ada sebagian Alsintan murni reguler dari Kementan, berjenis Supplier.

Kepala Dispertan-KP Sampang Suyono mengatakan, tercatat ada sekitar 1.130 Poktan yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

Namun, dari seratus lebih Poktan tersebut tidak semuanya menerima bantuan karena dana yang disediakan terkena refocusing akibat wabah Covid-19.

"Akibatnya bantuan hibah barang tidak sesuai dari total pengusulan yang dilakukan 2020 kemarin," ujarnya.

"Untuk realisasi bantuan pada 2021 ini sekitar 50 persen," imbuhnya.

Adapun rincian Alsintan yang direalisasikan kepada sejumlah Poktan di Sampang, antaranya Hendtraktor sebanyak 16 unit dan Cultivator 10 unit.

Kemudian Pompa Air 10 unit, Mesin Panen padi 3 unit dan Supplier sebanyak 160 unit.

Suyono menyampaikan, untuk proses pembelanjaan sejumlah jenis Alsintan tersebut langsung dari pusat, sehingga, bantuan yang diberikan langsung berbentuk barang.

"Jadi untuk harga satuan dari masing-masing Alsintan kami tidak tahu karena bantuannya langsung berupa alat," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved