Breaking News:

Berita Madura

Capaian Vaksinasi Bangkalan Merangkak 31 Persen, KH Jazuli Nur : Masyarakat Mulai Menyatu

Perlahan, capaian vaksinasi di Kabupaten Bangkalan mulai merangkak naik hingga angka 31 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua di angka 13 persen

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Ahmad Faisol
Menteri Sosial, Tri Rismaharini di hadapan santri Ponpes Nurul Amanah, Desa Basanah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan dalam gelaran vaksinasi, Sabtu (16/10/2021). Tampak mendampingi Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron beserta sejumlah anggota DPR RI 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Ahmad Faisol

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN – Perlahan, capaian vaksinasi di Kabupaten Bangkalan mulai merangkak naik hingga angka 31 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua di angka 13 persen.

Padahal sepekan sebelumnya, capaian vaksinasi dosis pertama masih berada di angka 26,10 persen dan dosis kedua 11,10 persen.  

Update capaian vaksinasi itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo di sela-sela mendampingi Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Pondok Pesantren Nurul Amanah, Desa Basanah, Kecamatan Tanah Merah, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Gus Miftah Sebut Calon Ketua Umum PBNU Harus Miliki 3 Hal Ini, Apa Saja? 

“Dosis pertama sudah di angka 31 persen dan dosis kedua 13 persen. Kami menargetkan sebelum akhir Desember, total capaian vaksinasi di Kabupaten Bangkalan sudah mencapai 70 persen,” ungkap Sudiyo kepada Surya.

Dalam kunjungan kerja Risma, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan menyediakan total sejumlah 18 ribu dosis vaksin yang disebar di 18 lokus utama. Rata-rata di setiap kecamatan menyelenggarakan 6 lokus vaksinasi.  

“Selain di ponpes (Nurul Amanah), Ibu Menteri (Risma) mendatangi dua lokasi lain. Tim dari Sekjen dan Dirjen menyebar di beberapa lokus. Jika antusias masyarakat seperti ini, kami pastikan untuk terus mengawal,” pungkas Sudiyo.

Selain di Ponpes Nurul Amanah, Risma juga memantau pelaksanaan vaksinasi di Mambaul Hikam, Jalan Raya Ketengan, Kecamatan Burneh dan vaksinasi di Desa Longkek, Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan.

Ungkapan syukur disampaikan Pengasuh Ponpes Nurul Amanah, KH Ahmad Jazuli Nur atas meningkatnya  capaian vaksinasi di Kabupaten Bangkalan. Ia melihat telah terjadi kemajuan terkait kesadaran akan pentingnya manfaat vaksin.

“Alhamdulillah, masyarakat mulai menyatu dengan program pemerintah dalam upaya memaksimalkan target capaian vaksinasi. Di sini disediakan 500 dosis vaksin dengan rincian 350 dosis pertama dan sisanya dosis kedua,” ungkap Kyai Jazuli kepada Surya.

Menurutnya, pro dan kontra terkait vaksinasi merupakan hal yang wajar. Mengingat setiap masyarakat mempunyai argumentasi. Namun, lanjutnya, Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa tentang vaksin Covid-19.

“Saya tidak ingin masuk ke vaksin halal atau haram, tetapi yang jelas orientasi kami pada asas manfaat. Kami masyarakat pesantren menyadari apa yang terjadi, (Covid-19) pada intinya musibah dari Allah. Itu ada aturan main, bagaimana umat islam dalam menghadapi musibah,” katanya.

Ia menambahkan, vaksin saja tidaklah cukup tanpa tawakal kepada Allah, tawakal saja tidak cukup tanpa ada ikhtiar yakni dengan bervaksin. (edo/ahmad faisol)

Kumpulan berita Madura terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved