Breaking News:

Berita Lamongan

Hindari Banjir Kota, Dinas PU SDA-PUPR Kompak Berbenah, Bareng Keruk Sedimen Lumpur Gorong-gorong

Menjelang musim penghujan dan menghindari banjir kota, Dunas PU Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman berbenah

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Para pekerja Dinas PU SDA dan Dinas PUPR Lamongan sama-sama bersihkan endapan lumpur dan sampah hindari banjir kota, Minggu (17/10/2021) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Menjelang musim penghujan dan menghindari banjir kota, Dunas PU Sumber Daya Air (SDA) dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman berbenah melakukan pengerukan sedimen lumpur di gorong-gorong dan saluran di utara jalan nasional.

Dua dinas tersebut berjalan kompak untuk mencari solusi mengatasi genangan dalam kota setiap turun  hujan. 

Pengerukan saluran air itu ada dua wilayah tanggungjawab, yakni oleh Dinas PU SDA dan Dinas PUPR Lamongan.

"Pengerukan ini kita  lakukan untuk mengantisipasi banjir memasuki musim penghujan. Gorong-gorong tersebut dipenuhi sedimen lumpur yang cukup tebal. Termasuk  sampah  dan diperkirakan endapan lama karena sudah padat dengan lemak campur menjadi satu,'' kata Kepala Dinas PU SDA, Muhammad Jufri kepada Surya.co.id (Tribunjatim Network), Minggu (17/10/2021).

Dijelaskan,  pembersihan gorong-gorong dilakukan diantaranya di depan SPBU Deket ke timur  sepanjang satu kilometer dikerjakan oleh puluhan petugas.

Baca juga: Tarik Minat Lansia untuk Vaksin Covid-19, Dinkes Tulungagung Siapkan Sejuta Butir Telur

Petugas cukup mengalami kesulitan saat menguras gorong-gorong dan saluran yang ada, karena tertutup tebalnya sedimentasi lumpur, sampah dan masih  minimnya aliran air pada jalur tersebut.

Dalam dua jam melakukan pengerukan, petugas mendapati puluhan karung lumpur dan sampah. Kemudian sampah diangkut ke mobil dan gerobak. 

Upaya normalisasi gorong-gorong dengan mengeruk lumpur dan sampah dilakukan bersama dengan Dinas PUPR, hanya saja ada  bagian wilayah masing-masing.

Yang gorong-gorong dalam kota menjadi kewajiban PUPR dan lainnya adalah wilayah Dinas PU SDA.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved