Breaking News:

Berita Kediri

Sambut Hari Santri PCNU Kota Kediri Gelar Gowes Religi, Simak Keseruannya

Menyambut Hari Santri, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri menggelar Gowes Religi, Minggu (17/10/2021)

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Didik Mashudi
Kegiatan Gowes Religi Sarungan yang digelar PCNU Kota Kediri juga mengunjungi makam Syekh Wasil di Setono Gedong, Minggu (171/0/2021) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Menyambut Hari Santri, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri menggelar Gowes Religi, Minggu (17/10/2021).

Gowes Religi diikuti para peserta yang naik sepeda dengan mengenakan sarung. 

Peserta jumlahnya mencapai puluhan terdiri santri, perwakilan Forkopimda, Pengurus MWC NU, ranting dan badan otonom NU.

Kegiatan ini sekaligus wisata melakukan ziarah mengunjungi makam-makam tokoh ulama Kediri yang memiliki andil besar dalam perjalanan organisasi NU. 
Salah satu pesertanya Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang memberangkatkan peserta sepeda sarungan dari depan Kantor PCNU Kota Kediri.

Ketua Tanfidziyah PC NU Kota Kediri KH Abu Bakar Abdul Jalil  menjelaskan tahun 1928 NU Kediri didirikan oleh almarhum KH Abdul Karim, KH Muhammad Ma'roef dan KH Abu Bakar.

 "Sejarah NU tidak lepas dari peran ulama tersebut. NU di Kediri diikrarkan tanggal 11 Oktober 1928 di gedung madrasah utara masjid jami," jelasnya.

Baca juga: Nganjuk Masuk Level 1 Asesmen Situasi Covid, Kang Marhaen Minta Waspada Karena Pandemi Belum Selesai

Sementara kegiatan Gowes Religi Sarungan dilakukan untuk memperingati Hari Santri. Selain gowes akan digelar turnamen bulu tangkis, apel hari santri, lomba pesantren sehat, serta istigotsah. 

Sedangkan rute Gowes Religi Sarungan di antaranya, makam Kiai Sa'id Jamsaren, makam Syekh Syamsudin Al-Wasil atau Syekh Wasil Setono Gedong, makam KH Abdul Karim Lirboyo, makam KH Muhammad Ma'roef Kedunglo, makam KH Abu Bakar Bandar Kidul, dan makam KH Ali di Banjarmlati. 

"Kami mengirim doa untuk mengenang jasa para pendiri NU. Kegiatan ini diikuti segenap pengurus sekitar 100 peserta," jelasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved