Breaking News:

Berita Madura

Sampang Demam Burung Puter Pelung, Para Jawara Bersaing Alot Menangkan Perlombaan

Beberapa pekan terakhir masyarakat pecinta burung di Kabupaten Sampang, Madura mulai demam akan kemerduan suara burung puter pelung.

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM/Hanggara Pratama
Pembagian hadiah pada Latbernil Seni Suara Alam Burung Puter Pelung Pangarengan Bersatu, Desa Pangarengan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Madura. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hanggara Pratama

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Beberapa pekan terakhir masyarakat pecinta burung di Kabupaten Sampang, Madura mulai demam akan kemerduan suara burung puter pelung.

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah even yang digelar, tentunya untuk mengadu suara khas yang dimiliki burung dengan tanda berwarna hitam di bagian lehernya tersebut.

Salah satu even belakang ini yang digelar adalah Latbernil Seni Suara Alam Burung Puter Pelung Pangarengan Bersatu.

Even dalam rangka tasyakuran keluarga, Selket (50) warga Kecamatan Pangarengan, Sampang itu dihadiri sebanyak 51 jawara Sampang.

Para jawara membawa burung andalannya dengan penuh harapan merebut juara kelas bebas, sedangkan dalam ajang itu diambil 15 nama juara.

Baca juga: Geger Penjual Bakso di Kota Malang Tewas Tak Wajar di Kawasan Kolam Renang Stadion Gajayana

Dalam Latbernil tersebut dibagi empat babak, selama babak pertama berlangsung semua burung saling unjuk keindahannya, bunyi merdu saling bersautan.

Tidak jauh berbeda pada babak sebelumnya, babak ke dua hingga ketiga pun persaiangan cukup ketat.

Hingga akhirnya, burung bernama Bungkem Ring Cleon 148 milik Sa'rani warga Jalan Permata Selong, Kelurahan Gunung Sekar, Sampang berhasil duduk di peringkat utama.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Sampang, Mobil Dinas TNI Melaju Melebihi Marka, Nyawa Ibu dan Anak Melayang

Kemudian disusul oleh burung bernama Kaizar milik Kusairi warga Kecamatan Sampang.

"Memang perebutan Latbernil tersebut antara Bungkem dan Kaizar cukup alot, tapi Alhamdulillah burung milik saya berhasil menjuarai," kata Sa'rani, Senin (18/10/2021)

Menurutnya, hasil yang diraih kali ini tidak luput dari ketelatenan dalam memelihara burung andalannya.

"Butuh perhatian ektra dalam memelihara burung pelung aduan, selain perawatan yang baik juga perlu makanan tambahan untuk menjaga kestabilan fisik dan suara pada burung itu sendiri," ungkapnya.

Sementara, Selket selaku ketua penyelenggara Latbernil Pangarengan Bersatu menyampaikan, jika tujuan event itu digelar untuk menyatukan para penghobi burung puter pelung di Kabupaten Sampang, alias sebagai ajang silaturahmi.

"Alhamdulillah even berjalan dengan lancar, semoga pada kesempatan selanjutnya even yang sama bisa kembali digelar," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved