Breaking News:

Berita Madura

Droping Ratusan Genteng dan Asbes, BPBD Bangkalan Imbau Warga Waspadai Angin Kencang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan menggelontorkan ratusan keping genteng dan asbes untuk puluhan rumah di Kelurahan Pange

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/ahmad faisol
BPBD Kabupaten Bangkalan menggelontorkan ratusan keping genteng dan asbes untuk puluhan rumah di Kelurahan Pangeranan dan Demangan, Kecamatan Kota Bangkalan, Rabu (20/10/2021). Sedikitnya 49 rumah dan 3 tempat usaha di dua kelurahan tersebut mengalami rusak ringan-sedang akibat terjangan angin kencang, Senin (18/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Ahmad Faisol

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan menggelontorkan ratusan keping genteng dan asbes untuk puluhan rumah di Kelurahan Pangeranan dan Demangan, Kecamatan Kota Bangkalan, Rabu (20/10/2021).

Bantuan material untuk perbaikan atap rumah itu sebagai respon terhadap kondisi rumah-rumah terdampak angin puting beliung yang menerjang dua kelurahan tersebut, Senin (18/10/2021).

BPBD Bangkalan menyebutkan, sedikitnya 49 rumah dan 3 tempat usaha di Kelurahan Pangeranan dan Demangan, Kecamatan Kota Bangkalan mengalami rusak ringan-sedang.

“Bantuan genteng dan asbes untuk 56 KK dengan rincian 30 KK di Kelurahan Demangan dan 26 KK di Kelurahan Pangeranan. Semoga bisa meringankan masyarakat terdampak angin putting beliung,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris kepada Surya (Tribun Jatim Network).

Baca juga: Kisah Warga Pulau Bawean Melahirkan Bayi Perempuan di Atas Kapal, Tangis Bayi Disambut Rasa Syukur

Tidak sekedar bantuan semata, BPBD Kabupaten Bangkalan juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrem di masa pancaroba dengan curah hujan intensitas deras disertai petir, angin kencang, hingga hujan es yang masih mengintai di langit Kabupaten Bangkalan.

“Dampak yang dapat ditimbulkan berupa banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, hingga pohon tumbang. Sebagai antisipasi dan bentuk ikhtiar kesiapsiagaan bencana, segenap warga kami imbau berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem,” jelasnya.

Baca juga: Pembahasan UMK Surabaya Tahun 2022 Tetap Pertimbangkan KHL

Beradasarkan peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per 20 Oktober 2021 yang diterima BPBD Bangkalan menyebutkan, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Bangkalan khususnya di Kecamatan Tanjung Bumi.

Diprediksi bisa meluas ke Kecamatan Sepulu, Geger, Kokop, Konang, Galis, Tanah Merah, Arosbaya, Burneh, Klampis, dan Kota.

Baca juga: Bersihkan Kamar Majikan, PRT di Sidoarjo Bawa Kabur Berlian dan Uang Dolar Senilai 1 Miliar

Rizal memaparkan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi cuaca terkini, BMKG Juanda membuka layanan informasi cuaca 24 jam.

Bisa diakses juga lewat website  di http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id atau dengan mem-follow media sosial baik di Instagram, Facebook atau Twitter @infobmkgjuanda. Bisa juga lewat aplikasi iOS dan Android "Info BMKG" atau langsung saja kontak ke kantor BMKG.

Ia menegaskan, pihaknya akan mengerahkan semua kemampuan terutama penanganan kedaruratan dalam penanggulangan bencana.

Jika itu jangka panjang, lanjutnya, BPBD Bangkalan akan berkoordinasikan dengan Pemprov/Pemerintah Pusat.

“Terpenting adalah penanganan darurat dilakukan bersama TNI Polri dan jajaran OPD terkait untuk mengantisipasi bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Bangkalan,” pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved