Breaking News:

Berita Otomotif

Cara Pastikan Perlindungan Tepat Kendaraan ala Astra: Cek Polis Secara Teliti

Dari berbagai macam produk asuransi, asuransi kendaraan menjadi salah satu jenis perlindungan yang dirasa penting untuk dimiliki, terutama di saat

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Garda Siaga, layanan darurat 24 jam dari Asuransi Astra yang senantiasa membantu pelanggan asuransi kendaraan Garda Oto. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dari berbagai macam produk asuransi, asuransi kendaraan menjadi salah satu jenis perlindungan yang dirasa penting untuk dimiliki, terutama di saat aktivitas rutin untuk bermobilitas berangsur sudah dimulai kembali berangsur normal seperti sekarang ini.

Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, L Iwan Pranoto mengatakan, berkendara dengan aman itu wajib, namun dengan memberikan perlindungan tambahan pada kendaraan melalui asuransi.

"Jika menggunakan asuransi, seseorang dapat menikmati setiap perjalanan dengan peace of mind," ungkap pria yang akrab disapa Iwan itu, Kamis (21/10/21).

Berikut pamaparan dari Iwan terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memastikan perlindungan yang tepat untuk kendaraan.

Baca juga: Update Lowongan Kerja Kamis, 21 Oktober 2021: Cleaning Service untuk Karaoke Keluarga di Surabaya

1. Tentukan jenis pertanggungan sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan jenis pertanggungan polis yang dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan, apakah pertanggungan Comprehensive yang menjamin kerugian/kerusakan sebagian seperti tergores dan penyok maupun kerugian/kerusakan total yang diakibatkan oleh risiko yang dijamin dalam polis atau Total Loss Only (TLO) yang hanya menjamin kerugian/kerusakan total seperti kehilangan atau pertanggungan terhadap kerusakan dimana estimasi biaya perbaikan harus lebih dari atau sama dengan 75% harga kendaraan sesaat sebelum kerugian terjadi.

2. Ketahui risiko yang dijaminkan.

Cek polis dengan seksama, di dalam polis tersedia poin-poin apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi dan Anda dapat secara aktif bertanya kepada pihak asuransi apabila terdapat poin yang dirasa kurang jelas.

Hal tersebut juga tertuang pada ketentuan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1. Meskipun terdapat beberapa risiko yang menjadi pengecualian pada produk asuransi kendaraan ini, namun tidak perlu khawatir, bagi pemilik kendaraan yang ingin mendapatkan perlindungan lebih, maka dapat mengkonsultasikan dan mengajukan perluasan jaminan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved