Breaking News:

Berita Malang

Hari Dharma Karyadhika 2021, Warga Binaan Lapas Malang Bersihkan Taman Makam Pahlawan Suropati

Sebanyak 21 warga binaan Lapas Kelas I Malang nampak "berkeliaran" bebas di area Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Selasa (26/10/2021) pagi.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
tribunjatim/kukuh
Para warga binaan Lapas Kelas I Malang saat membersihkan area TMP Untung Suropati dalam rangka memperingati HDKD 2021, Selasa (26/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sebanyak 21 warga binaan Lapas Kelas I Malang nampak "berkeliaran" bebas di area Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Selasa (26/10/2021) pagi. Bahkan, beberapa warga binaan juga terlihat membawa senjata tajam.

Namun tenang, para warga binaan itu bukan sedang melakukan aksi kejahatan. Melainkan, mereka diberdayakan untuk melakukan aksi bakti sosial dalam rangka Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2021.

Plh Kalapas Kelas I Malang, Ruspriyatno mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati HDKD Tahun 2021.

Baca juga: Bak Air Terjun, Kios Pedagang Pasar Besar Malang Alami Kebocoran saat Hujan

"Kami sebagai generasi penerus bangsa, melakukan kegiatan tabur bunga di TMP Untung Suropati, khususnya ke makam pahlawan Hamid Rusdi. Selain itu, kami juga mengajak para warga binaan untuk ikut serta membantu melaksanakan kerja bakti," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (26/10/2021).

Dirinya menjelaskan, ke 21 warga binaan tersebut membersihkan seluruh lingkungan TMP Untung Suropati. Antara lain, membersihkan rumput di area makam serta memotong rumput yang sudah agak panjang dengan mesin pemotong rumput.

Ke 21 warga binaan yang melakukan aksi bakti sosial tersebut, dipilih secara selektif.

"Ke 21 warga binaan tersebut, merupakan warga binaan Lapas Kelas I Malang yang sedang mengikuti pelatihan di Sarana Asimilasi Edukasi (SAE) L'SIMA. Karena untuk menjadi peserta pelatihan di SAE L'SIMA, para warga binaan harus melewati seleksi dan asesmen hingga dinyatakan aman bekerja di luar lapas," ungkapnya.

Setelah melaksanakan tabur bunga dan bersih-bersih TMP Untung Suropati, para pegawai dan warga binaan Lapas Kelas I Malang memanjatkan doa bersama.

"Semoga para pahlawan yang gugur dan dimakamkan di TMP Untung Suropati, dilapangkan kuburnya dan arwahnya selalu ditempatkan di sisi-Nya. Kami juga berharap, para pegawai dan warga binaan Lapas Kelas I Malang dapat mengambil nilai-nilai perjuangan yang telah diwariskan oleh para pahlawan," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved