Breaking News:

Berita Bojonegoro

Dugaan Korupsi Jerat Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Quran Bojonegoro, Kerugian Negara Rp1 M Lebih

Kasus dugaan korupsi menjerat Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Quran di Bojonegoro, negara dirugikan Rp 1 M lebih.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Sudarsono
SDK, tersangka kasus dugaan korupsi pemungutan bantuan dana operasional Taman Pendidikan Quran di Kabupaten Bojonegoro dikawal petugas, Sabtu (30/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Kasus dugaan korupsi pemungutan bantuan dana operasional Taman Pendidikan Alquran (TPQ) terjadi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pihak kejaksaan setempat menetapkan Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Quran berinisial SDK (42), warga Bojonegoro sebagai tersangka.

Ia melakukan pungutan uang senilai Rp 1 juta di masing masing yayasan/lembaga TPQ, pasca adanya pencairan dana bantuan operasional saat pandemi Covid-19 (virus Corona) di tahun 2020.

Bantuan senilai Rp 10 juta per lembaga TPQ ada sebanyak 1.322 lembaga, yang tersebar di 28 kecamatan di Bojonegoro.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro, Badrut Tamam mengatakan, pihaknya menetapkan satu tersangka dalam kasus dugaan korupsi bantuan operasional TPQ di Kabupaten Bojonegoro.

Tersangka SDK telah melakukan pemungutan terhadap masing masing lembaga TPQ sebesar Rp 1 juta, sehingga dari hasil penghitungan menimbulkan kerugian negara Rp 1 miliar tujuh juta.

"Sudah kita tetapkan sebagai tersangka dan kita lakukan penahanan untuk 20 hari ke depan terhitung 29 Oktober. Ini untuk mempermudah proses penyidikan," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (30/10/2021).

Kajari menjelaskan, penyidik Korps Adhiyaksa sebelumnya telah memeriksa 100 orang lebih sebagai saksi dari berbagai lembaga TPQ.

Baca juga: Dua Makam Warga Tionghoa di Bojonegoro Dibongkar Orang Tak Dikenal, Diduga Simpan Harta

Selain itu juga ada pihak Kemenag Bojonegoro dan beberapa pihak lainnya turut dilakukan pemeriksaan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved