Breaking News:

CARAT 2021 Resmi Dibuka, Personel Militer AS dan Indonesia Gelar Latihan Maritim Bilateral 11 Hari

CARAT 2021 merupakan wadah kerjasama antarmiliter Indonesia & Amerika Serikat, khususnya program bilateral TNI AL dan Armada Ketujuh Amerika Serikat.

Foto dari DVIDS
CARAT 2021, Surabaya 1-11 November 2021. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Amerika Serikat dan Indonesia menggelar latihan maritim bilateral CARAT Indonesia Senin (1/11/2021).

CARAT 2021 merupakan wadah kerjasama antarmiliter Indonesia dan Amerika Serikat, khususnya program bilateral TNI AL dan Armada Ketujuh Amerika Serikat (AS).

CARAT Indonesia sempat dibatalkan penyelenggaraannya di tahun 2020.

Hal ini dikarenakan imbas dari pandemi Covid-19.

Tahun ini, CARAT Indonesia kembali diadakan dengan penerapan langkah-langkah mitigasi keselamatan.

Baca juga: Kisah Jovan Zachary Arek Suroboyo Goes to US Navy, Merantau Berujung Jadi Tentara Amerika Serikat

Personel militer Amerika Serikat dan Indonesia memulai Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia pada 1 November di Surabaya.

Latihan militer bersama digelar selama 11 hari (1-11 November 2021) ini memusatkan pada spektrum penuh kemampuan angkatan laut dan menampilkan evolusi kooperatif yang menyoroti kemampuan AS dan Indonesia untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama guna memastikan keamanan kawasan maritim Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Hubungan yang kuat dibangun atas dasar kepercayaan, dan dikembangkan melalui tindakan yang diwujudkan, serta diskursus yang konsisten dan bijaksana. Hubungan yang kuat ini adalah fondasi tempat keamanan, stabilitas, dan kemakmuran berkembang. CARAT Indonesia adalah wadah yang sempurna bagi AS dan Indonesia untuk mengatasi masalah keamanan maritim bersama, serta untuk memperluas kerja sama kami di Asia Tenggara,” kata Captain Tom Ogden, komodor AL Destroyer Squadron (DESRON) 7 dalam siaran tertulis ke TribunJatim.com, Senin (1/11/2021).

Rangkaian latihan yang akan dilaksanakan di laut akan berlangsung di Laut Jawa, dan aset-aset Angkatan Laut AS akan bergabung dengan kapal dan pesawat milik TNI-AL untuk pelatihan kemitraan yang berfokus pada pembangunan interoperabilitas dan penguatan hubungan.

Kapal dan pesawat Angkatan Laut AS mencakup kapal perang litoral varian Independence USS Jackson (LCS 18), helikopter MH-60S Seahawk dari Skuadron 23 Helicopter Sea Combat (HSC), kapal angkut cepat ekspedisi kelas Spearhead USNS Millinocket (T-EPF 3), dan pesawat P-8A Poseidon yang ditugaskan kepada Komandan, Gugus Tugas (CTF) 72.

Personel militer Amerika Serikat dan Indonesia memulai Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia pada 1 November di Surabaya.
Personel militer Amerika Serikat dan Indonesia memulai Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia pada 1 November di Surabaya. (Foto oleh Angkatan Laut AS)

Baca juga: 3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Sumbangan AS Tiba Lagi di Indonesia, Dubes Kim: Bantu Akhiri Pandemi

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved