Breaking News:

Berita Kota Malang

Perbaikan Pompa Wendit III Masih Terkendala Lelang, PDAM Kota Malang Tambah Debit Air Tandon Betek

Perbaikan pompa Wendit III masih terkendala lelang, Perumda Tugu Tirta Malang tambah debit air di Tandon Betek.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/PDAM
Petugas Perumda Tugu Tirta Kota Malang saat mengecek kondisi kerusakan di pompa transmisi di sumber air Wendit III, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifki Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Matinya salah satu pompa transmisi di sumber air Wendit III yang mengalami kerusakan pada 29 Juli 2021 lalu hingga kini masih belum terselesaikan.

Hal ini berdampak kepada penurunan distribusi ke beberapa tandon air, di antaranya Tandon Mojolangu, Tandon Tlogomas, Tandon Betek, dan Tandon Buring.

Perumda Tugu Tirta Malang pun masih menunggu proses lelang pengadaan sparepart yang hingga sampai saat ini belum juga selesai.

Hingga akhirnya berbagai upaya normalisasi kini dilakukan, yakni dengan menambah debit air untuk Tandon Betek dan Tandon Mojolangu.

Serta mengupayakan optimalisasi fungsi sumur bor di Kantor Pusat Perumda Tugu Tirta sesegera mungkin, serta mengidentifikasi sparepart yang cocok sesuai kebutuhan agar pompa bisa cepat dioperasikan. 

"Kami mengupayakan revitalisasi sumur bor di area kantor yang sudah selesai dengan mengoperasikan pompa baru kapasitas 25 liter per detik. Kami switch ke pipa Sawojajar dan selanjutnya bekas pompa Wendit yang saat ini tersimpan di Mojolangu setelah dicek spek teknisnya ternyata sesuai dengan spek yang kami butuhkan. Secara teknis dengan menambah beberapa komponen pendukung akan bisa kami operasikan sementara di Wendit dengan kapasitas kisaran 80-100 lt/ detik," ucap Direktur Utama Perumda Tugu Tirta, M Nor Muhlas, Rabu (3/11/2021).

"Jika ini kami terapkan, maka efektif kehilangan air kita saat ini yang 100 lt/detik untuk sementara akan teratasi sambil menunggu reparasi pompa selesai secepatnya," lanjutnya.

Baca juga: Korban Rumah Ambruk di Malang Akan Diserahkan ke Dinsos P3AP2KB, Kapolsek Klojen: Ada 2 ODGJ

Muhlas mengatakan, kerusakan yang terjadi di pompa transmisi di sumber air Wendit III itu terjadi lebih cepat dari yang diprediksi oleh tim teknis.

Pasalnya, tim teknis dari Perumda Tugu Tirta telah mewanti-wanti akan terjadi kerusakan di pompa transmisi tersebut sejak awal tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved