Breaking News:

Berita Madiun

Pemprov Jateng Kepincut Tanam Porang Varietas Madiun-1

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tertarik untuk menanam umbi porang varietas Madiun 1. Ketertarikan tersebut dibuktikan setelah rombongan dari Dinas

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sofyan Arif Candra
Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Edi Darmanto (kiri) bersama Ketua Peporindo (Perkumpulan Petani Porang Indonesia) Misdianto. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tertarik untuk menanam umbi porang varietas Madiun 1.

Ketertarikan tersebut dibuktikan setelah rombongan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah bertolak ke Kabupaten Madiun untuk melakukan studi tiru budidaya Porang di Kabupaten Madiun.

Rombongan tersebut berkesempatan melihat langsung aktivitas petani di Desa Ngranget, Kecamatan Dagangan serta meninjau benih porang varietas Madiun 1 di gudang Peporindo (Perkumpulan Petani Porang Indonesia) di Desa Muneng, Kecamatan Pilangkenceng.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Edi Darmanto mengatakan kedatangannya untuk mengetahui secara langsung produksi benih porang yang berkualitas.

Baca juga: Mentan SYL Dinobatkan Sebagai Tokoh Nasional Penggerak Hilirisasi dan Ekspor Pangan Lokal

"Bagaimana pengklasifikasiannya hingga proses sertifikasi. Selain itu kita juga coba ingin menanam Madiun-1 ini ke Jateng," kata Edi, Kamis (4/11/2021).

Edi menyebut pihaknya akan membeli benih porang varietas Madiun 1 untuk ditanam pada lahan seluas 7 hektar. 

"Kita beli sesuai dengan kemampuan anggaran kami di akhir tahun ini. Tahun depan akan kita program lagi sesuai kemampuan," lanjutnya.

Benih porang Madiun 1 tersebut akan ditanam di Purbalingga, Banyumas, dan Karanganyar.

Nantinya, budidaya porang di Jawa Tengah akan difokuskan pada produksi katak untuk memenuhi permintaan perluasan lahan tanam porang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved