Breaking News:

Berita Kota Malang

Terbukti Bersalah Konsumsi Sabu, Mantan Kadispangtan Kota Malang Divonis Delapan Bulan Penjara

Terbukti bersalah konsumsi sabu, Mantan Kadispangtan Kota Malang, Ade Herawanto, divonis delapan bulan penjara. Jaksa Penuntut Umum masih pikir-pikir

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Kota Malang, Kusbiantoro, menjelaskan vonis mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang, Ade Herawanto, atas kasus penggunaan sabu, Kamis (4/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Setelah sejumlah agenda persidangan, akhirnya sidang terdakwa mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang, Ade Herawanto, memasuki tahap putusan.

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Kota Malang, Kusbiantoro mengatakan, sidang putusan Ade Herawanto telah digelar di Pengadilan Negeri Malang pada Rabu (3/11/2021).

"Pelaksanaan sidang dilakukan melalui online Zoom Meeting, dikarenakan masih dalam pandemi Covid-19. Untuk terdakwa Ade Herawanto, mengikuti jalannya persidangan di Lapas Kelas I Malang," ujarnya kepada TribunJatim.com, Kamis (4/11/2021).

Dirinya menjelaskan, Ade Herawanto terbukti melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Terdakwa terbukti menggunakan narkotika jenis sabu-sabu, dan majelis hakim memvonis terdakwa delapan bulan penjara dipotong masa tahanan," terangnya.

Dalam sidang putusan tersebut, ada beberapa hal yang meringankan dan memberatkan terdakwa.

"Untuk hal yang meringankan, karena terdakwa belum pernah terlibat kasus hukum dan sopan di persidangan. Sedangkan untuk hal yang memberatkan, karena terdakwa menyalahgunakan narkoba," tambahnya.

Baca juga: Perbaikan Pompa Wendit III Masih Terkendala Lelang, PDAM Kota Malang Tambah Debit Air Tandon Betek

Dirinya mengungkapkan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kota Malang masih pikir-pikir atas putusan majelis hakim tersebut.

"Kami menuntut terdakwa satu tahun penjara. Sehingga, kami masih pikir-pikir terkait putusan tersebut. Kami masih memiliki waktu tujuh hari, sebelum putusan itu dinyatakan inkracht (berkekuatan hukum tetap)," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ade Herawanto ditangkap oleh Satresnarkoba Polresta Malang Kota pada Kamis (25/3/2021) pukul 13.30 WIB di rumahnya yang terletak di daerah Kecamatan Blimbing.

Ade Herawanto diamankan, dari hasil pengembangan keterangan lima tersangka yang telah ditangkap sebelumnya.

Selain itu, ada tiga barang bukti yang dimiliki oleh Ade Herawanto. Yaitu, dua poket sabu-sabu dengan berat total 0,60 gram dan satu alat isap sabu.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved