Breaking News:

Berita Malang

Bantu Pengungsi Kampung Putih, Dinsos-P3AP2KB dan BPBD Kota Malang Akan Dirikan Dapur Umum

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang bersama dengan BPBD

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
Tribun Jatim Network/Rifki Edgar
Derasnya aliran Sungai Brantas menyebabkan rumah warga di RW 07 Kelurahan Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang (Kampung Putih) hanyut, Kamis (4/11/2021). Hal ini menyebabkan ratusan warga yang di tinggal di bantaran sungai Kampung Putih itu mengungsi di Wahana Wisata Edupark Senaputra. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang bersama dengan BPBD Kota Malang akan mendirikan dapur umum untuk membantu pengungis Kampung Putih.

"Untuk malam ini, kebutuhan makan dan minum pengungsi Kampung Putih telah dipenuhi teman teman donatur," ujar Camat Klojen, Heri Sunarko kepada TribunJatim.com, Kamis (4/11/2021).

"Jumat (5/11/2021), Dinsos Kota Malang, BPBD Kota Malang, dan Tagana akan membuat dapur umum. Letaknya berada di dekat area parkiran Taman Wisata Senaputra," imbuhnya.

Dirinya menjelaskan, saat ini pihaknya fokus untuk memberikan tempat yang nyaman bagi pengungsi Kampung Putih, khususnya bagi pengungsi perempuan, lansia dan anak anak.

Baca juga: Sungai Brantas Meluap, Tiga Rumah di Kampung Putih Kota Malang Hanyut

"Selain itu, juga ada bantuan paket family kit dari BPBD kota Malang, yang berisi baju layak pakai, selimut, dan vitamin. Tidak hanya itu, di tempat pengungsian juga disiagakan tim medis dari Dinkes Kota Malang dan RSSA Malang," jelasnya.

Heri mengungkapkan selain Kampung Putih, beberapa wilayah lain di Kecamatan Klojen juga terkena dampak luapan Sungai Brantas tersebut.

Baca juga: Kemrosok Banjir Menerjang Kampung Putih Kota Malang, Rumah Hanyut, Warga Berlarian Mengungsi

"Di Kelurahan Kiduldalem, ada tiga rumah rusak parah serta satu kandang bebek beserta bebeknya hanyut. Kemudian Kelurahan Samaan, tidak ada evakuasi warga, namun beberapa rumah terendam. Kemudian Kelurahan Penanggungan, beberapa rumah juga terendam. Namun yang paling parah kondisinya, adalah di RT 7 Kampung Putih ini. Dan dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa sama sekali," bebernya.

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Desa Sumber Brantas Kota Batu Diterjang Banjir Lumpur, Pohon Melintang di Jalan

Heri juga menambahkan, pihaknya bersama dengan warga Kampung Putih akan melakukan kerja bakti membersihkan sampah-sampah yang terbawa luapan Sungai Brantas tersebut.

"Kami pastikan kondisinya telah aman dahulu. Kalau kondisi sudah dinyatakan aman, kami bersama warga Kampung Putih akan melakukan kerja bakti dan pembersihan sampah-sampah serta lumpur yang terbawa luapan Sungai Brantas tersebut," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, aliran Sungai Brantas meluap dan menerjang rumah warga yang ada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Dalam RT 4, 5, 6, 7, RW 6, Kecamatan Klojen, Kota Malang atau biasa dikenal dengan Kampung Putih.

Akibat kejadian tersebut, tiga rumah hanyut dan satu rumah rusak berat. Selain rumah, satu sepeda motor milik warga juga rusak parah.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved