Breaking News:

Berita Trenggalek

Dorong Pemberdayaan Perempuan di Trenggalek Lewat UP2K, Novita Hardini: Bagus jika Maju Bersama

Dorong pemberdayaan perempuan di Trenggalek lewat Upaya Peningkatan Perekonomian Keluarga (UP2K), Novita Hardini: Akan bagus jika maju bersama-sama.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini saat mensosialisasikan program Upaya Peningkatan Perekonomian Keluarga (UP2K) di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Sabtu (6/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Para perempuan di Kabupaten Trenggalek didorong untuk berdaya lewat gerakan Upaya Peningkatan Perekonomian Keluarga (UP2K).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini mengatakan, gerakan UP2K digelar dengan pelatihan-pelatihan lewat PKK di tingkat kecamatan.

Para kader PKK tingkat kecamatan yang akan turun memasyarakatkan gerakan ini kepada para perempuan di wilayah masing-masing.

UP2K dimulai dengan memberi pelatihan para kader di Kecamatan Munjungan pada Sabtu (6/11/2021).

"Kami melakukan pendampingan agar program-program pemberdayaan perempuan berbasis ekonomi dan pemberdayaan keluarga berbasis ekonomi terus bisa dijalankan dengan baik," kata Novita, Minggu (7/11/2021).

Lewat gerakan ini, para perempuan di tiap desa didorong untuk mampu berkontribusi secara ekonomi untuk keluarganya masing-masing.

"Masing-masing desa ini sudah harus saling memberikan kontribusi satu sama lain, saling bertanya, saling menyelaraskan satu sama lain. Jadi kebanyakan tantangan kita saling bersaing satu sama lain, desa satu ingin lebih baik, akhirnya ada desa yang ketinggalan. Ini tentunya tidak baik untuk kemajuan," imbuhnya.

Dengan demikian, Novita menyebut kolaborasi antarpihak sebagai hal yang penting. Kolaborasi yang ia maksud melibatkan kader PKK di tingkat kecamatan dan desa.

"Bila membahas kemajuan, maka akan bagus apabila maju secara bersama-sama. Maka, setiap pihak harus bisa menghilangkan egonya masing-masing, berkumpul bersama," tuturnya.

Baca juga: Perpustakaan Keliling di Trenggalek Beroperasi Kembali, Imbangi Masifnya Gim dengan Budaya Literasi

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved